Wow! Ternyata Ini Sosok Kuat di Balik Terpilihnya Sepp Blatter

Wow! Ternyata Ini Sosok Kuat di Balik Terpilihnya Sepp Blatter
Sosok Jefrrey Webb yang disegani di kawasan Karibia. (SZILARD KOSZTICZAK/AP PHOTO)

jpnn.com - SEBAGAI anggota FIFA, Kepulauan Cayman punya hak suara yang sama dalam pemilihan presiden organisasi sepak bola sejagat itu.

Kepulauan Cayman merupakan negara yang hanya menempati ranking ke-191 FIFA. Tapi, dalam kasus pemilihan presiden Jumat (29/5), Kepulauan Cayman ternyata punya pengaruh lebih besar ketimbang Jerman, Argentina, Inggris, dan raksasa sepak bola lainnya.

Tentu masih banyak yang asing dengan nama Kepulauan Cayman. Sebab, prestasi sepak bola negara di kawasan Karibia yang luasnya hanya 260 kilometer persegi tersebut nyaris tak terdengar.

Sepanjang keikutsertaan di berbagai ajang sepak bola yang masuk kalender FIFA, mereka selalu tersisih di fase-fase awal. Prestasi terbaik Kepulauan Cayman hanya terlihat di pentas Piala Karibia 1998. Saat itu mereka berhasil menempati peringkat keempat.

Nah, sosok Jeffrey Webb-lah yang membuat Kepulauan Cayman selalu diperhitungkan setiap kali FIFA menggelar kongres. Pria 50 tahun itu tak hanya menjabat presiden CIFA atau Federasi Sepak Bola Kepulauan Cayman.

Dia juga menjadi orang nomor satu di CONCACAF (Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia). Karir Webb semakin meroket setelah ditunjuk sebagai salah satu wakil presiden dan komite eksekutif FIFA. Jabatan itu membuat dirinya dekat dengan sosok presiden FIFA terpilih Joseph ’’Sepp’’ Blatter.

Kedekatan dengan Blatter itu pula yang membuat Kepulauan Cayman kerap menerima bantuan lewat program Goal Project. Berdasar artikel New York Times, FIFA di bawah kepemimpinan Blatter rutin mengucurkan dana segar bagi Kepulauan Cayman. Total, sejak 2002, FIFA telah memberikan suntikan dana segar sebesar USD 2,2 juta atau Rp 29 miliar.

Dari jumlah uang sebesar itu, USD 1,8 juta (Rp 23,7 miliar) disuplai sejak 2008. Anggaran sebesar itu digunakan untuk membangun kantor baru buat CIFA, plus mendanai pembangunan sentra latihan timnas mereka di George Town.

SEBAGAI anggota FIFA, Kepulauan Cayman punya hak suara yang sama dalam pemilihan presiden organisasi sepak bola sejagat itu. Kepulauan Cayman merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News