5 Ribu Pramuka Santri Pecahkan Rekor MURI

5 Ribu Pramuka Santri Pecahkan Rekor MURI
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin yang turut menyaksikan pemberian rekor Muri yang didapat para pramuka santri di Kalsel. FOTO: Ist

jpnn.com - TANAH LAUT - Sekitar 5 ribu pramuka santri dari seluruh Indonesia tingkat penegak sukses memecahkan rekor MURI dalam hal “Konfigurasi Madihin dengan Jumlah Peserta Terbanyak”. Aksi itu dilakukan dalam Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV (PPSN) di Bumi Perkemahan Agrowisata, Tambang Ulang, Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Selasa (2/6).

Koordinator kegiatan dan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV (PPSN) Mardani Zuhri mengatakan, madihin merupakan kesenian musik khas dari Kalimantan Selatan dalam bentuk pelantunan lagu/syair yang berisi pujian dan pesan penting tentang sejarah dan nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, serta semangat kebersamaan santri bela negara. 

“Kami memilih Madihin ini untuk mendorong dan menumbuhkembangkan kesadaran pelastarian seni budaya di kalangan anak muda, khususnya santri,” ujar Mardani Zuhri yang juga menjabat sebagai Andalan Nasional Gerakan Pramuka Kwarnas . 

Secara teknis, pemecahan rekor MURI Madihin ini dilakukan secara kolosal diiringi musik dan tarian. Menurut Mardani, kegiatan ini melibatkan seluruh peserta perkemahan, panitia, pendamping, dan pimpinan kontingen daerah yang datang dari 33 provinsi di Indonesia.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin juga hadir dalam kegiatan ini. Dala sambutannya, Lukman mengapresiasi terlaksananya kegiatan kemah santri yang digelar setiap tiga tahun sekali ini.  “Santri dan pramuka merupakan kombinasi identitas yang sangat pas.  Dari situ, alhamdulillah, banyak nilai dan ilmu yang ketika kita terjun di masyarakat manfaatnya sangat luar biasa,” ujar Lukman.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Marbawi A Katon, mengingatkan agar para pramuka santri ini bisa lebih meningkatkan kepedulian dan kehadirannya guna merespons berbagai musibah dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. “Saat ini banyak musibah dan masalah yang mendera bangsa ini. Saya berharap, di tangan kalianlah semua masalah itu bisa diselesaikan!” tandasnya. (mas/jpnn)


TANAH LAUT - Sekitar 5 ribu pramuka santri dari seluruh Indonesia tingkat penegak sukses memecahkan rekor MURI dalam hal “Konfigurasi Madihin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News