Mengaku Petugas Sensus tapi Minta Fotokopi KTP Warga, Mau Buat Pilkada?

Mengaku Petugas Sensus tapi Minta Fotokopi KTP Warga, Mau Buat Pilkada?
Mengaku Petugas Sensus tapi Minta Fotokopi KTP Warga, Mau Buat Pilkada?

jpnn.com - PANGANDARAN - Warga Desa Sidomulyo di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran mengaku didatangi seorang pria yang mengaku sedang melakukan sensus. Anehnya, pria itu meminta fotokopi KTP.

"Katanya dia mau sensus menjelang pemilihan bupati Pangadaran," ujar NW, salah seorang warga Desa Sidomulyo kepada Radar Tasikmalaya.

Pada saat itu, NW dimintai fotokopi KTP miliknya beserta seluruh keluarganya. Namun, pria 38 tahun itu bertahan tak mau menyerahkan fotokopi KTP miliknya maupun keluarganya.

"Saat itu saya tidak kasih. Lalu orang itu hanya memotret fotokopi KTP saya dengan HP-nya (handphone, red),” kata dia.

Dia menduga orang yang mencurigakan itu  merupakan tim sukses salah satu calon bupati Pangandaran. Sebab, calon kepala daerah dari jalur perseorangan atau independen memang harus menyerahakan dukungan warga lengkap dengan identitasnya di KTP.


NA(42), warga lainnya mengatakan dirinya beserta tetangganya juga diperintahkan oleh ketua RT untuk menyerahkan fotokopi KTP. Alasannya, kata dia, untuk pendataan pemilihan bupati Pangandaran.

"Kata ketua RT saya harus menyerahkan fotokopi KTP. Saya sebagai warga menurut saja," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo Sugiono mengatakan pihaknya tidak pernah mengadakan sensus kependudukan di Desa Sidomulyo. "Pemerintah desa tidak pernah memerintahkan untuk sensus," tegasnya.

PANGANDARAN - Warga Desa Sidomulyo di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran mengaku didatangi seorang pria yang mengaku sedang melakukan sensus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News