Penyelam Sisir Kapal Tiongkok yang Terbalik, PM Li Minta Penyelidikan Transparan

Penyelam Sisir Kapal Tiongkok yang Terbalik, PM Li Minta Penyelidikan Transparan
Tim penyelamat tampak berada di atas lambung kapal fery yang terbalik di sungai Yangtze, berhadapan dengan cuaca buruk saat mencari 400 korban yang masih hilang.

jpnn.com - JIANLI - Lebih dari 200 penyelam diturunkan menyisir kapal Tiongkok yang terbalik di Sungai Yangtze, Tiongkok, mencari lebih dari 400 orang hilang, Rabu (3/6). Banyak dari mereka adalah wisatawan tua asal Tiongkok. Perdana Menteri Li Keqiang menyerukan penyelidikan transparan.

Sejauh ini baru tujuh mayat yang ditemukan dan 14 orang dalam keadaan hidup. Di antara beberapa korban selamat adalah seorang wanita tua yang telah terjebak dalam kantong udara di kapal yang terbalik saat tornado aneh pada Senin malam.

Bencana ini menjadi kecelakaan terburuk dalam pelayaran Tiongkok dalam 70 tahun terakhir. Dan mungkin ini terburuk di Asia Timur sejak feri tenggelam di Korea Selatan pada April 2014 yang menewaskan 304 orang, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dalam wisata sekolah.

Televisi negara menanyangkan gambar penyelamat, beberapa berdiri di lambung kapal yang terbalik bekerja sepanjang malam.

PM Li, turun langsung ke lokasi kejadian mengawasi upaya penyelamatan, dan menyerukan memberikan "informasi yang terbaru dan transparan" dalam penyelamatan dan investigasi. Ia mengatakan pemerintah harus memastikan personil dan dana yang memadai.

Kerabat para korban marah dan sempat bentrok dengan para pejabat di Shanghai karena kurangnya informasi terkait para korban. Semua penumpang telah memesan perjalanan mereka melalui agen perjalanan yang berbasis di Shanghai.

Sebuah manifest penumpang yang dibawa oleh media pemerintah menunjukkan bahwa usia penumpang kapal Eastern Star mulai dari tiga tahun sampai lebih dari 80 tahun. Ada 456 orang di dalamnya ketika kapal terbalik.

Biro cuaca Tiongkok mengatakan tornado telah menerjang saat kapal itu berlayar. Tornado aneh ini memang dapat terjadi tapi sangat jarang terjadi.

JIANLI - Lebih dari 200 penyelam diturunkan menyisir kapal Tiongkok yang terbalik di Sungai Yangtze, Tiongkok, mencari lebih dari 400 orang hilang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News