Konflik Internal PAN Memanas

Konflik Internal PAN Memanas
Konflik Internal PAN Memanas

jpnn.com - SOLSEL - Perseteruan di internal DPD PAN Solok Selatan kian memanas terkait pencalonan kembali pasangan incumbent Muzni Zakaria dan Abdul Rahman dalam pilkada 9 Desember mendatang.

Dua kubu yang berbeda pendapat di PAN saling ancam akan menuntut secara hukum. Kubu Edi Murni sebagai pengurus DPD PAN Solsel akan menuntut secara hukum Wakil Ketua DPD PAN Solsel Yuskal dan tujuh ketua DPC. Penuntutan tersebut terkait adanya tudingan bahwa mereka bukan kader PAN lagi dan sudah pindah ke partai lain.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PAN Solsel, Edi Murni, memperlihatkan SK Yuskal di partai lain, namun tidak ada tanggal dan tahun penetapan keputusan oleh ketua dan sekretaris partai itu.

Menurut Edi Murni, Yuskal Malin Sati sudah pindah ke partai lain tahun 2009. Sedangkan tujuh anggota DPC PAN juga sudah pindah partai. "Ini etika buruk yang terjadi di kader PAN, bila tidak diklarifikasi kami akan tuntut secara hukum," tegas Edi Murni yang dihadiri pengurus DPD PAN Solsel kepada wartawan di Padangaro, kemarin.

Wakil Sekretaris PAN Solsel Imparisal mengatakan ada kader yang melakukan manuver politik di tengah masyarakat karena sudah pindah partai.

Sementara itu, Ketua DPC PAN Sungaipagu Edrima Kuswandi justru bakal menuntut pihak pengurus DPD PAN yang menyebutkan mereka sudah pindah partai atau bukan kader PAN. Sejak tahun 2004 hingga 2015, katanya belum ada pembubaran pengurus PAN seperti dianggap pihak Edi Murni.

Bila sudah dipecat atau pindah partai, kata Imparisal, tentu nama mereka tidak tertuang lagi di SK kepengurusan PAN sejak 2004 hingga sekarang.

Dijelaskannya, apabila Yuskal Malin Sati pindah partai tahun 2009, tentu dia tidak bisa di-PAW (pindah antar waktu) dari Abdul Rahman yang terpilih sebagai wakil bupati pada pilkada 2010. Tahun 2014 pun Yuskal masih mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di PAN di dapil II nomor urut 2.

SOLSEL - Perseteruan di internal DPD PAN Solok Selatan kian memanas terkait pencalonan kembali pasangan incumbent Muzni Zakaria dan Abdul Rahman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News