Kenalkan Pancasila ke Usia Dini agar Generasi Masa Depan Jauhi Korupsi

Kenalkan Pancasila ke Usia Dini agar Generasi Masa Depan Jauhi Korupsi
Wakil Ketua DPD PDIP Yogyakarta, Eko Suwanto dalam sarasehan peringatan hari lahir Pancasila di kawasan Gedongtengen, Yogyakarta, Jumat (5/6). Foto: istimewa

jpnn.com - YOGYAKARTA - DPD PDI Perjuangan Yogyakarta menggelar sarasehan dalam rangka peringatan hari kelahiran Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni. Kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bertekad menjadikan Pancasila benar-benar dijiwai dan diterapkan oleh masyarakat.

Wakil Ketua DPD PDIP Yogyakarta, Eko Suwanto dalam sarasehan peringatan hari lahir Pancasila di kawasan Jlagran, Gedongtengen, Yogyakarta, Jumat (5/6) mengatakan, dasar negara yang digagas oleh Proklamator RI, Bung Karno itu semestinya benar-benar dijiwai masyarakat. Menurutnya, Pancasila harusnya diamalkan oleh masyarakat maupun birokrat pelayan rakyat.

"Pancasila 1 Juni 1945 merupakan pedoman sekaligus tujuan kita dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila harus hidup dalam denyut nadi birokrasi kita,” katanya.

Politikus PDIP yang juga ketua Komisi A DPRD DIY itu menambahkan, nilai-nilai Pancasila juga harus menjadi ruh dalam pendidikan nasional. Untuk itu, lanjutnya, anak-anak usia dini juga perlu dikenalkan dengan nilai-nilai Pancasila. “Pancasila wajib menjadi sumber nilai sekaligus pelajaran dalam kurikulum pendidikan kita,” ucapnya.

Eko menegaskan, pemerintah tidak cukup hanya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, pemerintah juga wajib menjadikan nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945 sebagai sumber nilai utama kehidupan masyarakat.

Eko meyakini jika Pancasila benar-benar dihayati dan diamalkan, maka tak akan ada lagi tindakan anarkistis, perilaku korupsi maupun tindakan yang merugikan pihak lain. Karenanya, lanjutnya, Pancasila harus benar-benar masuk dalam pengajaran di sekolah-sekolah. “Salah satunya dengan cara memasukkannya ke dalam buku-buku pembelajaran,” cetusnya.(jpnn)


YOGYAKARTA - DPD PDI Perjuangan Yogyakarta menggelar sarasehan dalam rangka peringatan hari kelahiran Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni. Kader partai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News