Makan Besar Komodo, KBS Siapkan 47 Kg Daging Kambing

Makan Besar Komodo, KBS Siapkan 47 Kg Daging Kambing
ATAH MAKAN: Komodo dewasa koleksi KBS memakan daging kambing yang diberikan, Jumat (5/6). Dalam sebulan komodo dewasa KBS mendapat jatah makan hanya dua kali setiap tanggal 5 dan 20. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA  – Sebanyak 12 komodo dewasa di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, begitu berselera saat menyantap daging kambing yang diberikan keeper, Jumat (5/6).

Pemberian makan besar untuk satwa komodo dilakukan secara rutin dua kali setiap bulan. Tak kurang dari 47 kilogram (kg) daging kambing disiapkan untuk makanan satwa yang berdarah dingin tersebut.

Kepala Departemen Perawatan Satwa KBS Suwanto mengungkapkan, pemberian makan komodo dilakukan setiap tanggal 5 dan 20. Sebagai satwa yang berdarah dingin dan memiliki tingkat kecepatan metabolisme yang rendah, pemberian makan untuk komodo memang dilakukan secara berkala.

“Komodo dewasa memang makan dua minggu sekali. Kalau remaja yang belum bisa kawin, makannya seminggu sekali,” tutur Suwanto saat ditemui di sela-sela pemberian makan komodo seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Sabtu (6/6).

Untuk menu makan komodo, Suwanto mengatakan bahwa KBS memang khusus menyediakan daging kambing.

Ada empat ekor kambing yang disiapkan KBS untuk makan komodo kemarin. Daging kambing sengaja dipilih lantaran bisa diberikan beserta dengan tulangnya sehingga bisa meningkatkan kadar asupan kalsium.

Menurut Suwanto, ada dua kandang yang kemarin mendapat jatah makan. Yang pertama adalah kandang komodo 1A.

Kandang tersebut berisi lima komodo. Khusus di kandang itu, keeper memberikan asupan 21 kilogram daging kambing. Komodo-komodo yang berusia 9-12 tahun tersebut tampak lahap dan berebut makanan yang hanya diberikan lewat lemparan keeper.

JPNN.com SURABAYA  – Sebanyak 12 komodo dewasa di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, begitu berselera saat menyantap daging kambing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News