Curigai Dwi Soetjipto Punya Misi Menjual Pertamina

Curigai Dwi Soetjipto Punya Misi Menjual Pertamina
Curigai Dwi Soetjipto Punya Misi Menjual Pertamina

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng mengaku gemas dengan ‎langkah Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto yang berencana menjual saham sejumlah anak perusahaan energi milik negara itu melalui penawaran umum perdana (IPO). Menurut Salamuddin, jika tujuannya transparansi dan tata kelola yang baik tentu tak harus dengan melepas saham anak usaha Pertamina ke publik.

"Cara yang dilakukan pertama mungkin dengan menjual anak perusahaan Pertamina. ‎Kalau hanya sekedar untuk transparansi mengapa harus dijual?" kata Salamuddin di Jakarta, Selasa (9/6).

Salamuddin pun menyebut Dwi Soetjipto sangat berpengalaman dalam hal menjual BUMN. Sewaktu Dwi masih menjabat sebagai bos PT Semen Indonesia, Dwi bahkan telah menjual 49 persen saham BUMN itu ke swasta.

Curigai Dwi Soetjipto Punya Misi Menjual Pertamina

Salamuddin Daeng. Foto: dokumen JPNN

"Sepertinya ke depan Pertamina akan bernasib sama. Terlebih dahulu anak-anak perusahaan Pertamina yang akan dijual, baik yang berkaitan langsung dengan suplai perusahaan tersebut maupun unit usaha yang lainnya," imbuhnya.

Karenanya Salamuddin menduga cara termudah melego Pertamina adalah diawali dengan menjual anak-anak usahanya terlebih dulu. “Karena menjual anak perusahaan tidak perlu persetujuan DPR,” ulasnya.(flo/jpnn)

JAKARTA - Ketua Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng mengaku gemas dengan ‎langkah Direktur Utama PT Pertamina Dwi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News