Merasa Berhasil, DKPP Minta Tambah Kewenangan

Merasa Berhasil, DKPP Minta Tambah Kewenangan
Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Sekretaris Jenderal Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Gunawan Suswantoro berharap pemerintah dan DPR sebaiknya mengevaluasi fungsi DKPP. Sehingga tidak hanya mengurusi etika penyelenggara pemilu, namun juga peserta pemilu.

Karena terbukti, tiga tahun keberadaannya mengurus etika penyelenggara pemilu, mampu berbuat banyak, menjatuhkan sanksi bagi penyelenggara yang melanggar kode etik. Padahal anggaran dan fasilitas yang diberikan sangat terbatas.

“Usia baru tiga tahun, tapi DKPP telah memperlihatkan posisinya. Untuk itu DPR dan Pemerintah sebagainya mengevaluasi DKPP. Sebaiknya berubah jadi Dewan Etik Pemilu. Jadi, DKPP tidak hanya mengurusi etika penyelenggara Pemilu tetapi juga etika peserta Pemilu,” ujar Gunawan pada acara ulang tahun ke-III DKPP di Gedung DKPP, Jumat (12/6).

Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie juga sependapat dengan usulan itu. Alasannya, langkah tersebut merupakan salah satu upaya guna mewujudkan demokrasi berkualitas di Indonesia.

“Jadi bukan hanya election with integrity tetapi juga democracy with integrity,” ujar Jimly.

Dalam peringatan ulang tahun DKPP kali ini, hadir antara lain Ketua KPU Husni Kamil Manik, Ketua Bawaslu Muhammad, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, dan sejumlah undangan lain.(gir/jpnn)

 


JAKARTA – Sekretaris Jenderal Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Gunawan Suswantoro berharap pemerintah dan DPR sebaiknya mengevaluasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News