Wow! Transplantasi Mr P Pertama di Dunia Sukses...Pacar Hamil

Wow! Transplantasi Mr P Pertama di Dunia Sukses...Pacar Hamil
Tim dokter saat transplantasi Mr P untuk seorang warga Afsel. (STELLENBOSCH UNIVERSITY)

jpnn.com - SENYUM Andre van der Merwe tak berhenti mengembang saat diwawancarai para jurnalis kemarin (12/6). Bagaimana tidak, dia baru saja mendapatkan kabar baik dari salah seorang pasiennya, sebut saja Dicky, 21.

Desember tahun lalu Van der Merwe sukses memimpin operasi transplantasi Mr P pada Dicky. Kesuksesan itu bahkan diklaim sebagai yang pertama di dunia. Operasi tersebut melambungkan nama Van der Merwe di dunia kedokteran. Belakangan ini Dicky memberikan kabar lagi. Setelah menjalani operasi, alat kelamin barunya berfungsi dengan baik. Sangat baik malah.

Sebab, dia bisa menghamili sang pacar. Kini kekasih Dicky yang juga berusia 21 tahun tersebut hamil empat bulan.

''Kami senang bahwa tidak ada komplikasi yang terjadi dan Mr P-nya berfungsi dengan baik,'' ujar Van der Merwe kepada para jurnalis.

Seluruh tahap itu telah dijalani dengan sukses oleh Dicky. Dia pun sedikit terkejut dengan perkembangan yang sangat baik tersebut. Sebab, saat operasi dulu, tim dokter memperkirakan bahwa fungsi seksual Dicky baru benar-benar berfungsi setidaknya dua tahun mendatang.

Tim dokter melakukan penelitian transplantasi penis tersebut sejak 2010. Proses yang paling sulit adalah menyambungkan pembuluh darah dan saraf kecil-kecil pada area penis. Mereka mempelajari dan mengembangkan teknik dari transplantasi wajah. Prosesnya juga sama, yaitu menggunakan operasi mikroskopis.

Sejatinya, pada 2006 operasi transplantasi penis pernah dilakukan dengan sukses di Tiongkok. Sayang, 10 hari setelah transplantasi, si pasien yang berusia 44 tahun dan istrinya meminta agar penis barunya dilepas saja.

Mereka tidak bisa mengatasi trauma secara psikologis dan tetap menganggap bahwa yang menempel adalah benda asing milik orang lain. Jadi, bisa dibilang operasi di Tiongkok itu gagal. Untung, trauma psikologis tersebut tidak dialami Dicky.

SENYUM Andre van der Merwe tak berhenti mengembang saat diwawancarai para jurnalis kemarin (12/6). Bagaimana tidak, dia baru saja mendapatkan kabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News