Penantang Terbaru di MotoGP Itu Bernama Suzuki

Penantang Terbaru di MotoGP Itu Bernama Suzuki
Penantang Terbaru di MotoGP Itu Bernama Suzuki

jpnn.com - BARCELONA - Paket upgrade mesin yang dibawa Suzuki ke Sirkuit Barcelona terbukti ampuh mendongkrak performa dua pebalapnya. Aleix Espargaro tampil impresif dalam dua latihan hari pertama dan mengakhiri sesi sore kemarin (12/6) dengan menjadi yang tercepat.    

Suku cadang yang sudah lama ditunggu-tunggu, membawa dampak cukup signifikan terutama pada sisi top speed. Dari data yang ada diketahui, baik Espargaro dan rekan setimnya, Maverick Vinales, kini berada tak lebih dari 10 kilometer perjam di belakang Marc Marquez (Repsol Honda).
    
Kabar terbaiknya adalah penambahan top speed tersebut sama sekali tidak mengurangi kelincahan GSX-RR yang sudah impresif. Alhasil, Espargaro menjadi yang tercepat di sebagian besar sesi latihan sore dengan terus memimpin sejak menit keenam sampai 42 dari 45 menit sesi latihan.
    
Rider tercepat di sesi pagi, Marquez, dikabarkan menjajal knalpot baru yang tampak lebih panjang dan beberapa peranti lainnya untuk mengatasi masalah pada cengkeraman roda belakangnya. Juara bertahan dua musim terakhir tersebut sempat sebentar mengambil alih posisi teratas sebelum Espargaro mengganti bannya dan tampil lebih cepat lagi. Menggunakan ban lunak kakak Pol Espargaro tersebut menutup sesi sore lebih cepat 0,285 detik dari Marquez. 
    
Waktu terbaiknya 1 menit 41,158 detik, hanya berselisih sepersepuluh detik dari pole position tahun lalu dan tak sampai satu detik dari lap record Sirkuit Barcelona
    
Di tempat ketiga Dani Pedrosa (Repsol Honda) menempel rekan setimnya, Marquez. Pemulihan pasca operasi otot lengan bawah (arm pump) semakin mengembalikan performa terbaiknya. Andrea Dovizioso (Ducati) hanya sedikit lebih pelan dari Pedrosa dan sempat lama menduduki posisi tiga besar.
    
Mesin Suzuki yang kompetitif juga terbukti saat dipakai rookie Maverick Vinales. Di dua sesi latihan hari pertama, dia tak pernah keluar dari lima besar. 

Hari pertama latihan di Montmello penampilan Yamaha masih kendur. Rider tercepat adalah Jorge Lorenzo yang finis ketujuh di sesi sore. Merosot dari sesi pagi yang masuk empat besar. Yang lebih buruk adalah Valentino Rossi yang gagal menembus sepuluh besar.

Dengan munculnya Suzuki sebagai penantang baru, tentu persaingan pembalap-pembalap pabrikan bakal lebih seru. Ducati sudah sukses mengobrak-abrik dominasi fantastic four sejak awal musim. Nah, di MotoGP Catalunya ini, Suzuki berpeluang menyusul sukses Ducati. Sebab, kedua pembalapnya sama-sama bertarung di kandang. Tentu moral mereka ikut terdongkrak dengan hasil latihan hari pertama kemarin.
      
Suzuki mengkhawatirkan trek lurus panjang Sirkuit Barcelona yang mencapai 1,4 kilometer. Power mesin yang sebelumnya menjadi masalah utama sedikit demi sedikit berhasil diatasi. Dengan mengepras defisit top speed hingga 5 kilometer per-jam, tentu performa Suzuki sudah mendekati atau sama dengan Yamaha. Tontonan yang lebih seru pastinya. (ray/jpnn)


BARCELONA - Paket upgrade mesin yang dibawa Suzuki ke Sirkuit Barcelona terbukti ampuh mendongkrak performa dua pebalapnya. Aleix Espargaro tampil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News