Penentuan Awal Ramadan Kamis, 18 Juni 2015 Berpotensi Bersamaan

Penentuan Awal Ramadan Kamis, 18 Juni 2015 Berpotensi Bersamaan
Penentuan Awal Ramadan Kamis, 18 Juni 2015 Berpotensi Bersamaan. Foto JPNN.com

jpnn.com - PENENTUAN 1 Ramadan 1436  Hijriah  tahun  ini  kemungkinan bersamaan. Dua ormas  Islam  terbesar,  Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU), berpotensi menetapkan bahwa 1 Ramadan Hijriah akan jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015.

Sekretaris Pengurus Wilayah  (PW)  Muhammadiyah Jatim Nadjib Hamid mengungkapkan,  penentuan  itu didasarkan pada perhitungan hisab  yang  dilakukan  Muhammadiyah.

Menurut dia, 1 Ramadan baru bisa ditetapkan jika poosisi bulan dan matahari sejajar pada akhir bulan. ”Hal tersebut biasa kita sebut dengan ijtimak atau konjungsi,” jelasnya kepada Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Senin (15/6).

Nadjib  menuturkan,  hari ini,  tepatnya  nanti  pukul 21.00, posisi bulan akan berada minus 2 derajat 15 menit 59 detik dari matahari.

Jadi, 1 Ramadan dipastikan oleh Muhammadiyah akan jatuh pada 18 Juni 2015 ”Kalau sudah seperti itu, kami biasanya menggenapkan bulan Syakban menjadi 30 hari dan itu memang berakhir pada Rabu nanti (17/6),” paparnya.

Nadjib menerangkan bahwa seluruh warga  Muhammadiyah  di  Indonesia dan  Jatim  pada  khususnya  akan melaksanakan ibadah salat Tarawih besok malam (17/6).

”Sebab, memang Kamis  (18/6)  itu  sudah  masuk  1 Ramadan,” tuturnya.

Sementara itu, Katib Suriah Pengurus Wilayah (PW) NU Jatim Syafrudin Syarif mengatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan. Kegiatan tersebut akan dilakukan hari ini di 13 titik berbeda di seluruh Jatim.

PENENTUAN 1 Ramadan 1436  Hijriah  tahun  ini  kemungkinan bersamaan. Dua ormas  Islam  terbesar,  Muhammadiyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News