Bayi Kembar Siam Dempet Kepala asal Aceh Itu Dioperasi di Yogyakarta

Bayi Kembar Siam Dempet Kepala asal Aceh Itu Dioperasi di Yogyakarta
Bayi Kembar Siam Dempet Kepala asal Aceh Itu Dioperasi di Yogyakarta

jpnn.com - BANDAACEH - Bayi kembar siam dempet kepala asal Banda Aceh akan segera menjalani operasi di Yogyakarta. Tapi sebelum diterbangkan ke Yogjakarta, bayi pasangan Bandi Putra dan Hadijah ini terlebih dulu dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (16/6). 

Selama sebulan ini bayi kembar ini menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh, akan segera dioperasi di Yogyakarta. 

"Keputusannya, bayi ini kapan dioperasi akhir bulan ini, karena seluruh tim dokter yang menangani akan melakukan pemeriksaan lagi terhadap kondisi pasien," kata Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh (RSUZA) Azharuddin kepada wartawan saat menggelar konferensi pers di RSUZA, Banda Aceh, Senin (15/6).

Azharuddin, mengatakan, operasi bayi kembar siam dempet kepala ini akan dilakukan oleh tim dokter dari seluruh Indonesia. Proses operasi rencananya akan dilakukan di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta.

Bayi kembar siam diberi nama Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah akan dijemput oleh tim dokter RSPAD Gatot Soebroto menggunakan pesawat khusus kemudian dibawa ke Jakarta. Di sana, mereka akan diperiksa oleh sejumlah tim dokter.

"Selama dirawat di RSUZA, berat badan bayi lahir 2 Mei lalu ini naik dari 4,4 Kg menjadi 5,5 kg. Keduanya juga aktif bergerak dan kondisinya saat ini sudah baik," sebutnya.

Sementara itu, dokter spesialis bedah saraf RSUZA, dr Iskandar, mengatakan, operasi pemisahan bayi kembar ini sangat beresiko tinggi. Di Indonesia, baru satu anak yang berhasil dipisahkan sekitar 20 tahun lalu.

"Ini kasus langka, setelah 20 tahun lalu berhasil, baru ini ada lagi dempet kepala di Indonesia. Untuk tingkat keberhasilannya kita belum bisa pastikan," kata dr Iskandar.

BANDAACEH - Bayi kembar siam dempet kepala asal Banda Aceh akan segera menjalani operasi di Yogyakarta. Tapi sebelum diterbangkan ke Yogjakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News