Ramadan Tiba, KPI Ingatkan TV tak Sajikan Lawakan Murahan

Ramadan Tiba, KPI Ingatkan TV tak Sajikan Lawakan Murahan
DISETOP: Salah satu adegan dalam variety show Yuk Keep Smile yang ditayangkan oleh stasiun televisi Trans TV. Foto Raka Denny/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan peringatan bagi stasiun televisi yang menyajikan program acara untuk publik. Selama Ramadan, stasiun televisi diharapkan agar membuat dan menyajikan program siaran yang berkualitas bagi masyarakat utamanya program komedi.

“Kita minta TV menyuguhkan tayangan beradab sesuai spirit Ramadan,” kata Wakil Ketua KPI Pusat Idy Muzayyad di Jakarta, Rabu (17/6).

Idy menambahkan program siaran TV diharapkan ikut mendorong upaya peningkatan keimanan serta kekusyukan umat Islam dalam menjalankan iabadah puasa. “Karenanya tolong dijauhkan program siaran yang justru secara praktik bertentangan dengan kesyahduan Ramadan,” imbuhnya.

Program siaran bernuansa komedi dan lawakan murahan sangat rentan dan berpotensi melanggar. Karenanya, KPI mengharapkan program sejenis lebih baik dihindari saja untuk ditayangkan. “Ini sesuai kaidah dar’ul mafasid muqaddamun ‘ala jalbil masolih, yakni menghindari potensi kerusakan dan kemadharatan itu didahulukan dan peru lebih diutamakan,” ungkap Idy.

Berkaca pada Ramadan sebelumnya, KPI mengapresiasi sejumlah stasiun TV yang berhasil menciptakan program Ramadan yang berkualitas, mendidik sekaligus menarik bagi publik. (esy/jpnn)

 


JPNN.com JAKARTA -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan peringatan bagi stasiun televisi yang menyajikan program acara untuk publik. Selama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News