Mendikbud Minta Tambahan Rp 11,7 Triliun

Mendikbud Minta Tambahan Rp 11,7 Triliun
Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara bertahap selama lima tahun ke depan. Ini dilakukan untuk mencapai target 140 ribu rombongan belajar per angkatan.

"Rencana pemerintah ini dilakukan dalam mendukung program wajib belajar 12 tahun. Peningkatan daya tampang ini dilakukan seluruh wilayah Indonesia," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Kamis (18/6).

Dia menyebutkan, daya tampung SMA sederajat saat ini per angkatan sebanyak 50 ribu rombongan belajar. Dari jumlah tersebut hanya bisa menampung 1,8 juta hingga dua juta anak per angkatan. Padahal kelahiran anak per tahun hampir enam juta.

"SMA harus mengalami lonjakan sekitar tiga kali lipat. Begitu juga dengan SMP dan sebagian SD," sergahnya.

Untuk mencapai itu, menurut Anies butuh tambahan anggaran mulai tahun depan sebesar Rp 11,7 triliun. "Angka nominalnya signifikan, tetap angka persentasenya dibandingkan alokasi pendidikan tidak terlalu besar," ucapnya.

Tambahnya, peningkatan daya tampung ini ditekankan pada SMK dan disesuaikan dengan potensi di wilayah tersebut. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara bertahap selama lima tahun ke depan. Ini dilakukan untuk mencapai target 140


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News