Tinggalkan Visi Sepak Bola Indonesia, Thailand Tatap Asia dan Dunia

Tinggalkan Visi Sepak Bola Indonesia, Thailand Tatap Asia dan Dunia
Fans Timnas Thailand bersuka cita dengan prestasi tim kesayangannya. Foto: SINGSOC

jpnn.com - TIMNAS Indonesia U-23 pulang dari SEA Games dengan kegagalan. Lagi-lagi, Thailand U-23 lah yang berhasil mempermalukan skuat Garuda Muda. Perkembangan sepak bola di negeri gajah putih, memang cukup signifikan dan berani mematok prestasi di level Asia.

Muhammad Amjad, Jakarta
 

Kekalahan telak 0-5 Timnas U-23 dari Thailand, 13 Juni lalu, melengkapi hattrick kegagalan saat berjumpa Thailand di tiga even resmi terakhir. Negara Gajah Putih lah sejatinya yang harus dijadikan lawan tradisional Indonesia, bukanlah Malaysia.

Berkali-kali, Thailand mampu lebih unggul di atas Indonesia. Saat laga semifinal SEA Games lalu, Indonesia bukan hanya kalah di hasil akhir. Proses dan permainan selama 2 x45 menit pun, tak berimbang.

Thailand mampu memainkan permainan, dengan kesalahan yang minim. Penguasaan bola Thailand berhasil unggul 65-35, peluang shoot on goal pun berselisih tajam, 11-2. Pantas saja, jika akhirnya lima gol bersarang ke gawang Indonesia.

Aji Santoso mengakui kualitas timnya memang kalah dari Thailand. Pelatih 44 tahun itu di awal SEA Games bahkan sempat melontarkan bahwa Thailand tim terbaik di SEA Games Singapura.

Visi federasi sepak bola Thailand memang tak sama lagi dengan Indonesia. Thailand kini mengejar mimpi menuju prestasi Asia. Karena itu, tak ada yang menampik dan membantah, saat ketua sepak bola Thailand, Worawi Makudi, menyebut Thailand sebagai raja Asia Tenggara.

"Kami sekarang adalah raja sepakbola Asia Tenggara. Kami tidak puas hanya disini, sepak bola Thailand bertekad untuk terus mengembangkan level menuju tingkat lebih tinggi, kami ingin bersaing di Asia," katanya dilansir The Bangkok Post.

TIMNAS Indonesia U-23 pulang dari SEA Games dengan kegagalan. Lagi-lagi, Thailand U-23 lah yang berhasil mempermalukan skuat Garuda Muda. Perkembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News