Indonesia-Vietnam Targetkan Kerjasama Hingga Rp 130 Triliun

Indonesia-Vietnam Targetkan Kerjasama Hingga Rp 130 Triliun
ilustrasi dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA- Indonesia dan Vietnam bakal terus menjalin kerjasama strategis di bidang perdagangan. Tak tanggung-tanggung, keduanya menargetkan kerjasama hingga USD 10 miliar atau sekitar Rp 130 triliun (USD= Rp 13.000).

Jumlah itu merupakan lesatan hebat dibandingkan pada 2013 lalu. Saat itu, kerjasama perdagangan kedua negara “hanya” menyentuh angka USD 5 miliar. Keinginan itu terungkap saat Menlu Vietnam Pham Binh Minh‎ bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/6).

"‎Perdagangan Indonesia-Vietnam pada 2013 saja sudah mencapai USD 5 miliar. Sebenarnya itu target 2015 tapi sudah dapat dicapai oleh kedua negara dua tahun lebih awal. Karena itu kedua negara memiliki target USD 10 miliar untuk 2018," ujar Menteri Luar Negeri Retno LP. Marsudi.

Retno menambahkan, investasi Indonesia di Vietnam cukup banyak. Pemerintah Indonesia juga berharap peluang kerjasama di bidang lain akan terus dibuka. Apalagi, kedua negara sudah menjalin hubungan sejak lama.

"Indonesia adalah investor ke-27 terbesar di Vietnam. Saat pertemuan, presiden mengucapkan terimakasih dalam rangka membantu investor Indonesia yan berinvestasi di sana," imbuh Retno.

Retno menambahkan, pertemuan itu juga terbilang istimewa karena Vietnam dan Indonesia merayakan 60 tahun hubungan diplomatik. Namun, pertemuan itu ak membahas kerjasama politik karena tidak menonjol. (flo/jpnn)

 

 

JAKARTA- Indonesia dan Vietnam bakal terus menjalin kerjasama strategis di bidang perdagangan. Tak tanggung-tanggung, keduanya menargetkan kerjasama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News