Diragukan, Kemampuan Pemkab Karo Tangani Bencana Sinabung

Diragukan, Kemampuan Pemkab Karo Tangani Bencana Sinabung
Anton Sihombing. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Lagi, anggota DPR daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III, Anton Sihombing, menyoroti kinerja pemerintah dalam menangani bencana letusan Gunung Sinabung. Untuk kesekian kalinya, politikus Partai Golkar itu mendesak agar pemerintah segera menetapkannya sebagai bencana nasional.

"Kalau bencana nasional, penanganannya itu cepat. Kalau sekarang, apalah kemampuan Pemkab Karo, Pemprov Sumut. Pemerintah harus tegas," ujar Anton kepada JPNN kemarin (25/6).

Anton mengatakan, erupsi Gunung Sinabung ini sudah berlarut-larut, dan tidak bisa diprediksi sampai kapan akan terus-terusan seperti ini. "Sampai berapa tahun akan erupsi terus seperti sekarang ini, kita tidak tahu," ucapnya.

Menurutnya, masalah penanganan pengungsi korban erupsi Sinabung saat ini juga sudah menjadi bahan pembicaraan di level internasional. "Kalau penanganannya tidak rapi, bikin malu kita di mata internasional," cetus pria yang duduk di Komisi IV DPR itu.

Dia mengatakan, akan terus mendesak pemerintah agar segera menetapkan bencana Sinabung sebagai bencana nasional. Dia berjanji akan melakukan kepada para rekannya di Senayan, agar punya sikap yang sama dengan dirinya. "Dulu sudah saya lakukan, tapi karena sekarang banyak anggota baru (hasil pileg 2014, red), saya harus mulai dari awal lagi," ujarnya.

Sebelumnya, anggota DPR Martin Hutabaratmenilai pemerintah dinilai tidak serius menangani para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

"Ini malapetaka sudah lama terjadi, tapi pemerintah masih gamang terus," ujar anggota DPR dari dapil yang mencakup Tanah Karo, Martin Hutabarat.

Kegamangan pemerintah, lanjut Martin, terlihat dari lambatnya proses relokasi. Mestinya, relokasi sudah dilakukan sejak awal, secara cepat, sehingga tidak menumpuk seperti sekarang ini. (sam/jpnn)

JAKARTA - Lagi, anggota DPR daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III, Anton Sihombing, menyoroti kinerja pemerintah dalam menangani bencana letusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News