Pelindo III Siapkan 13 Terminal Penumpang Kapal untuk Angkutan Lebaran

Pelindo III Siapkan 13 Terminal Penumpang Kapal untuk Angkutan Lebaran
Pelindo III Siapkan 13 Terminal Penumpang Kapal untuk Angkutan Lebaran

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan 13 terminal penumpang kapal laut di wilayah kerjanya untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran tahun 2015.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, 13 terminal tersebut tersebar di tujuh provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah mulai menyiapkan sarana dan prasarana pendukung terminal penumpang kapal laut tersebut untuk menghadapi masa angkutan Lebaran tahun ini. Untuk arus mudik pada transportasi laut, kemungkinan besar akan terjadi mulai H-15 hingga H+15," ujar Edi dalam siaran persnya, Jumat (26/6).  

Ke-13 terminal penumpang tersebut yakni meliputi, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jatim, Pelabuhan Gresik Jatim, Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi Jatim, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jateng. Pelabuhan Benoa Bali dan Pelabuhan Banjarmasin Kalsel.

Selanjutnya, Pelabuhan Sampit Kalteng, Pelabuhan Kotabaru/Batulicin Kalsel, dan Pelabuhan Kumai Kalteng, Pelabuhan Lembar NTB, Pelabuhan Bima/Badas NTB, Pelabuhan Tenau Kupang/Kalabahi/Waingapu NTT, dan Pelabuhan Maumere NTT.

Edi memperkirakan jumlah pemudik yang akan memanfaatkan jasa kapal laut tahun ini relatif stabil dengan tahun sebelumnya.

"Kalau pun ada kenaikan, pertumbuhannya tidak akan lebih dari satu digit. Itu karena masyarakat sudah memiliki alternatif moda transportasi lainnya," kata Edi. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan 13 terminal penumpang kapal laut di wilayah kerjanya untuk memperlancar arus mudik dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News