Pemprov DKI Dapat Sumbangan Bus Pariwisata Mercedes-Benz

Pemprov DKI Dapat Sumbangan Bus Pariwisata Mercedes-Benz
Bus pariwisata sumbangan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. FOTO: Gilang/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pemilik jaringan ritel Alfamart Alfamidi) memberikan sumbangan satu buah bus pariwisata kepada PT Transjakarta. Tak tanggung-tanggung bus bertingkat dua ini merupakan bus asal pabrikan di Jerman. Penandatanganan kerja sama itu disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Penandatanganan itu dilakukan oleh Corporate Affairs Director Alfamart Solihin dan Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih.

Solihin mengatakan, proses pengadaan bus itu membutuhkan waktu yang cukup lama. "Bus tingkat keluaran Mercedes-Benz ini diimpor dari Jerman dan dirakit di Magelang. Sehingga prosesnya membutuhkan waktu lebih dari satu tahun," ucap Solihin di Balai Kota, Jakarta, Jumat (26/6).

Dia menjelaskan, penyesuaian desain telah dilakukan pada bagian pintu. Mulai dari pintu depan untuk penumpang umum, pintu tengah untuk penumpang berkebutuhan khusus, dan pintu darurat serta pemecah kaca untuk kondisi darurat.

"Bus ini didesain spesifik sesuai dengan standar Bus City Tour yang telah beroperasi, mulai dari kapasitas kursi hingga fasilitasnya. Kami berupaya memberikan kualitas terbaik bagi warga dan wisatawan Jakarta," kata Solihin.

Dia menyatakan, bus tingkat itu merupakan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). ‎Diharapkan, pemberian bus itu dapat membantu Pemerintah Provinsi DKI dalam mempromosikan objek-objek wisata di Jakarta. "Semoga dengan bertambahnya bus pariwisata ini, sektor pariwisata di Ibu Kota dapat lebih berkembang," ungkap Solihin.

Sementara, Ahok mengapresiasi pemberian bus pariwisata dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk‎. Hal ini menjadi bukti bahwa Jakarta berupaya untuk meningkatkan transportasi. "Warga melihat Jakarta ingin meningkatkan transportasi," tandasnya. 

Untuk diketahui, bus pariwisata yang diberikan memiliki tiga keunggulan, yakni keamanan, kenyamanan, dan kemudahan. Dari sisi keamanan, bus menggunakan anti-lock breaking system dan electronic braking system yang dikombinasikan dengan acceleration skid system agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak. Sehingga, mobil tetap dapat dikendalikan dan dapat meminimalisasi kemungkinan terjadinya kecelakaan. 

JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pemilik jaringan ritel Alfamart Alfamidi) memberikan sumbangan satu buah bus pariwisata kepada PT Transjakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News