Ketua BNN Bilang, 183 Ribu Orang Meninggal Dalam Setahun karena Narkoba

Ketua BNN Bilang, 183 Ribu Orang Meninggal Dalam Setahun karena Narkoba
Kepala BNN Anang Iskandar. FOTO: Natalia/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional Anang Iskandar mengungkapkan saat ini ada kecenderungan peningkatan jumlah penyalahguna dan kejahatan narkotika yang dikendalikan sindikat narkoba di seluruh dunia. 

Menurutnya, berdasarkan laporan World Drugs Report dari United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 2014 pengguna narkoba mencapai 324 juta orang pada usia yang produktif.

"Kurang lebih 183 ribu orang meninggal dunia setiap tahun karena narkoba," ujar Anang di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/6).

Selain itu, kata Anang, peredaran narkoba juga mulai dilakukan dengan memanfaatkan internet. Transaksi jual beli ini dianggap ampuh dan sulit mendeteksi. Namun, ia menyatakan pihak penegak hukum sudah difasilitasi teknologi canggih untuk mendeteksi hal tersebut.

"Produksi narkotika di tingkat global juga  terus meningkat. Kini muncul zat psikoaktif baru sebanyak 320 zat dan belum seluruhnya terjangkau oleh aturan hukum yang berlaku di setiap negara," imbuhnya. 

Untuk mencegah ini, kata Anang, negara-negara di dunia sudah melakukan kerjasama pencegahan. Apalagi, tuturnya, peredaran narkoba sudah bersifat lintas negara. (flo/jpnn)


JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional Anang Iskandar mengungkapkan saat ini ada kecenderungan peningkatan jumlah penyalahguna dan kejahatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News