Rugi Rp 63 Triliun Akibat Narkoba

Rugi Rp 63 Triliun Akibat Narkoba
Kepala BNN Anang Iskandar. FOTO: natalia/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta BNN dan pihak terkait bersama masyarakat terus berperang melawan narkoba. Menurutnya, jumlah pengguna narkoba di Indonesia saat ini mencapai 4,1 juta orang.

"Atau sama dengan kenaikan 2,2 persen. Ini harus kita tekan lebih serius," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/6). 

Sementara itu, Kepala BNN Komjen Anang Iskandar mengungkapkan kerugian dari segi ekonomi  akibat narkoba pada 2014 diperkirakan mencapai Rp 63 triliun. Rinciannya, Rp 56 triliun adalah kerugian biaya pribadi dan Rp 7 triliun adalah keruguan biaya sosial.  

"Pada biaya pribadi 76 persen digunakan biaya konsumsi narkoba. Sedangkan biaya sosial 78 persen adalah kerugian biaya kematian karena narkoba," ujar Anang. 

Jumlah tersebut, kata dia, naik dua kali lipat dibanding 2008 atau naik sekitar 31 persen dibandingkan 2011.

Anang mengatakan angka kematian di Indonesia akibat narkoba mencapai 12.044 orang per tahun. Jika tidak dicegah, jumlah itu terus bertambah. BNN memprediksikan jumlah pengguna narkoba juga akan bertambah pada 2020 menjadi 5 juta jiwa. (flo/jpnn).


JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta BNN dan pihak terkait bersama masyarakat terus berperang melawan narkoba. Menurutnya, jumlah pengguna narkoba


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News