Kok Bisa Ribuan Buruh dari China Masuk Papua dan Banten?

Kok Bisa Ribuan Buruh dari China Masuk Papua dan Banten?
Kok Bisa Ribuan Buruh dari China Masuk Papua dan Banten?

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida mendesak Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri menjelaskan ke masyarakat tentang masuknya ribuan pekerja asal China ke Provinsi Papua dan Banten.

"Ironis memang. Negara ini surplus tenaga kerja hingga diekspor sebagai TKI ke manca negara. Beberapa hari belakangan terungkap ribuan tenaga kerja asal China sudah masuk ke Papua dan Banten," kata Laode Ida, di Jakarta, Jumat (26/6).

Menurut mantan senator asal Sulawesi Tenggara ini, mustahil ribuan tenaga kerja asing bisa masuk ke pelosok-pelosok Indonesia tanpa mengantongi izin Kemenaker.

Selain mempertanyakan Kemenaker, Ida juga meminta Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM memberikan penjelasan tentang ribuan tenaga kerja China tersebut.

"Apakah ini bagian dari kerja mafia tenaga kerja luar negeri. Cara-cara seperti itu, yakni secara diam-diam dan manipulasi dokumen, sudah sering dilakukan. Negara harus memastikannya," pinta Laode Ida.(fas/jpnn)

 


JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida mendesak Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri menjelaskan ke masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News