Fokus Pembebasan Lahan untuk Bangun Tol Pekanbaru-Dumai

Fokus Pembebasan Lahan untuk Bangun Tol Pekanbaru-Dumai
Fokus Pembebasan Lahan untuk Bangun Tol Pekanbaru-Dumai

jpnn.com - PEKANBARU - Ratusan hektare lahan akan dibebaskan untuk pembangunan tol Pekanbaru-Dumai. Sedangkan luasan lahan yang bakal dibebaskan untuk pembangunan jalur kereta api trans Sumatera saat ini masih diinventarisasi.

Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan, saat ini pihaknya sedang bernegosiasi dengan perusahaan-perusahaan perkebunan di wilayah yang dilalui tol Pekanbaru-Dumai.

"Bersama pemerintah pusat terus kita optimalkan untuk menggesanya (agar pembangunan tol Pekanbaru-Dumai segera terwujud)," ujarnya.

Dia menyampaikan, Kementerian BUMN telah menunjuk PT Hutama Karya sebagai pelaksana pengerjaan tol Pekanbaru-Dumai.

Sementara mengenai rencana jalur kereta api trans Sumatera (Sumatera Railway), pada tahun ini diungkapkan Andi sapaan akrab Plt Gubri sedang memasuki tahap inventarisasi lahan.

"Inventarisasi lahan di Rohil sudah sampai 30 KM untuk jalur kereta api," ungkapnya.

Bersama pihak BPN, serta Kementrian terkait seperti Perhubungan dan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) memang sekarang pemerintah terus mengoptimalkan peranan untuk merealisasikan Sumatera Railway. Sebab Riau sebagai salah satu jalur, akan menjadi Core (pusat) untuk wilayah Sumatera Bagian Tengah nantinya.

Dengan dua proyek besar tersebut yang dilaksanakan pemerintah pusat di Riau, lanjut Andi maka diharapkan kemajuan dan perkembangan Riau kedepan akan berdampak luas. Utamanya dalam menyejahterakan masyarakat Riau, dengan terbukanya lapangan kerja atas pelaksanaan kegiatan tersebut.(egp/jpnn)


PEKANBARU - Ratusan hektare lahan akan dibebaskan untuk pembangunan tol Pekanbaru-Dumai. Sedangkan luasan lahan yang bakal dibebaskan untuk pembangunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News