Cegah Gula Rafinasi Masuk Pasar, Dorong Pengusaha Punya Kebun Tebu

Cegah Gula Rafinasi Masuk Pasar, Dorong Pengusaha Punya Kebun Tebu
Cegah Gula Rafinasi Masuk Pasar, Dorong Pengusaha Punya Kebun Tebu

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Perindustrian mendorong produsen gula membangun kebun tebu sendiri untuk mengurangi impor raw sugar dan memperkuat kemandirian ekonomi. Di samping mencegah terjadinya rembesan gula rafinasi ke pasar umum.

“Kementerian Perindustrian menelisik produksi gula rafinasi melalui verifikasi kontrak. Sedangkan audit distribusi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan. Kami tidak mau gula rafinasi bobol ke luar industri,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin, Senin (29/6).
 
Saleh menambahkan, pemerintah memberi apresiasi pada pabrik gula rafinasi (PGR) yang memenuhi komitmen menyalurkan produk gula kristal rafinasinya ke industri makanan dan minuman.
 
“Saya harus fair. Monitoring ketat harus dilakukan untuk menjamin gula rafinasi tidak merembes kemana-mana. Nah, jika ada perusahaan yang disiplin menyalurkan produknya sesuai ketentuan, hanya ke industri, ya harus diapresiasi,” tegasnya.
 
Bahan baku gula rafinasi berupa raw sugar didapatkan dari impor. Untuk menguranginya, Menperin mendorong pengusaha memiliki kebun tebu sendiri.

"Satu-satunya cara mengurangi impor raw sugar ya dengan memiliki kebun tebu sendiri," ujar Saleh. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Kementerian Perindustrian mendorong produsen gula membangun kebun tebu sendiri untuk mengurangi impor raw sugar dan memperkuat kemandirian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News