Tahun Depan, Pabrik Gula Rp 3 Triliun di Lampung Mulai Beroperasi

Tahun Depan, Pabrik Gula Rp 3 Triliun di Lampung Mulai Beroperasi
Tahun Depan, Pabrik Gula Rp 3 Triliun di Lampung Mulai Beroperasi

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan, pabrik gula bernilai Rp 3 triliun akan segera beroperasi pada 2016. Dengan demikian produksi gula di Indonesia akan bertambah.

"PT Sungai Budi Group tengah membangun pabrik gula kristal putih yang bahan bakunya dari kebun tebu sendiri. Kapasitas giling mencapai 8000 ton cane per day (TCD) dengan target produksi 180 ribu ton per tahun," kata Menteri Saleh, Senin (29/6).
 
Dia menyebutkan, investasi pabrik gula tersebut sebesar Rp 1,3 triliun. Jika dihitung bersama investasi kebun tebu, totalnya menjadi Rp 2,5 - 3 triliun.

"Pabrik gula yang dibangun di Lampung ini ditargetkan rampung dan mulai produksi pada akhir 2016. Sedangkan total luas lahan tebu 20 ribu hektare, sebanyak 9000 hektare telah ditanami," terangnya.
 
Ekspansi Sungai Budi membangun pabrik gula yang terintegrasi dengan kebun tebu, lanjutnya, ikut menurunkan impor gula Indonesia. Ini membuktikan Indonesia mampu membangun industri gula nasional yang mandiri.
 
"Saya mendorong pelaku bisnis dan investor lainnya mengikuti jejak Sungai Budi. Bukan hanya soal gula, tetapi terkait bisnis terintegrasi perusahaan yang menopang bisnis berorientasi ekspor perusahaan," tandasnya.(esy/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan, pabrik gula bernilai Rp 3 triliun akan segera beroperasi pada 2016. Dengan demikian produksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News