Manfaat Senam Kegel untuk Wanita

Manfaat Senam Kegel untuk Wanita
ilustrasi

jpnn.com - SEKARANG ini mulai banyak orang yang berminat untuk menekuni senam kegel baik itu wanita maupun pria.

"Senam kegel baik untuk mengurangi ejakulasi dini pada pria dan memperkuat otot-otot panggul pada wanita yang mengakibatkan klimaks lebih menyenangkan," kata konsultan Obstetri & Ginekologi, Dr. Aby K Koshy, seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (29/6).

1. Apa itu pelvic floor?

Lantai panggul atau pelvic floor adalah lapisan otot dan fasia (lapisan tebal jaringan) di bagian bawah panggul. Kadang-kadang juga disebut sebagai diafragma panggul. Lantai panggul memainkan peran penting dalam dua masalah utama seorang wanita yakni prolaps dan inkontinensia.

Prolaps terbagi dari berbagai jenis. Prolaps organ panggul adalah suatu kondisi ketika rahim atau vagina wanita turun dari posisi normal. Prolaps rektum terjadi ketika dubur keluar dari bagian belakang (anus).

Inkontinensia adalah suatu kondisi ketika seorang wanita mengalami kebocoran urin saat mengedan, misalnya ketika dia batuk, tertawa atau bersin (inkontinensia urin) atau tidak bisa mengontrol buang air besarnya (inkontinensia feses).

Kerusakan pada dasar panggul bisa menyebabkan masalah di atas. Kerusakan ini biasanya terjadi selama kehamilan dan kelahiran dan bisa lebih buruk setelah menopause ketika otot wanita menjadi semakin lemah. Penyebab lainnya operasi untuk dasar panggul.

2. Apa itu latihan kegel?

SEKARANG ini mulai banyak orang yang berminat untuk menekuni senam kegel baik itu wanita maupun pria. "Senam kegel baik untuk mengurangi ejakulasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News