Penipuan SK NIP CPNS Marak, BKN Minta Masyarakat Waspada

Penipuan SK NIP CPNS Marak, BKN Minta Masyarakat Waspada
Penipuan SK NIP CPNS Marak, BKN Minta Masyarakat Waspada

jpnn.com - JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali meminta masyarakat waspada dengan aksi penipuan yang masih saja terjadi. Dengan mengatasnamakan pejabat BKN, para penipu ini mengirimkan SK CPNS pada korbannya dengan memintakan uang.

"Masyarakat harus waspada. Jangan sampai terkecoh ketika menerima surat yang berisi penetapan NIP CPNS," tegas Kabag Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat BKN Herman, Selasa (30/6).

Dia mengaku telah menerima banyak laporan dari korban penipuan dalam penerimaan CPNS. Mereka mengadu untuk memastikan kebenaran SK CPNS ataupun SK penetapan NIP yang diteken pejabat BKN.

"Setelah kami teliti dan telaah secara cermat, SK CPNS ataupun SK penetapan NIP tersebut bukan produk BKN," ujarnya.

Herman menegaskan, wewenang penerbitan dan penyerahan SK CPNS ada pada masing-masing instansi, bukan di BKN. Adapun untuk penetapan NIP CPNS, BKN menetapkan nota pertimbangan teknis NIP dan mengirimkan ke masing-masing Biro Kepegawaian atau Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

"Jadi pengiriman NIP CPNS bukan ke individu-individu tertentu. Kami minta masyarakat hati-hati terhadap berbagai usaha penipuan ini. Bila ada indikasi penipuan, sebaiknya laporkan ke pihak kepolisian," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali meminta masyarakat waspada dengan aksi penipuan yang masih saja terjadi. Dengan mengatasnamakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News