Peringatan! Inggris Terancam Hancur Diterjang Tsunami Asteroid

Peringatan! Inggris Terancam Hancur Diterjang Tsunami Asteroid
Ilustrasi.

jpnn.com - INGGRIS menjadi salah satu negara yang terancam hancur karena Tsunami Asteroid. Tsunami ini disebut berisiko menewaskan ribuan orang yang tinggal di dekat pantai.

Ini bukan mengada-ada. Peringatan tersebut diungkap oleh para ilmuwan bertepatan dengan Asteroid Day, 30 Juni.

Tim peneliti dari University of Southampton telah mengembangkan alat yang memprediksi mana asteroid yang mungkin akan jatuh ke Bumi dan apa dampaknya.

Disebutkan, ada sekitar satu juta asteroid di tata surya ini dan 13.000 di antaranya telah ditemukan. Dan dari angka itu, 500 dari asteroid memiliki potensi menyerang bumi.

Satu dari mereka, memiliki potensi untuk menghapus seluruh negeri. Sebuah laporan di tahun 2013 menyebutkan, sebuah asteroid dengan lebar hanya 19 meter yang mendarat di Rusia, telah melukai 1.500 orang.

Namun itu bukan satu-satunya risik. Jika asteroid jatuh ke laut, maka akan memicu tsunami yang bisa menghancurkan bagian besar pantai di seluruh dunia.

Dalam penelitiannya, tim dari Southampton ini menggunakan sebuah software yang mereka beri nama ARMOR. Alat tersebut telah menghitung, bahwa meskipun Inggris tidak berada di jalur tembak dari asteroid yang dikenal berbahaya itu, namun dampaknya akan ada dari Laut Utara atau Samudra Atlantik.

"Ancaman asteroid adalah nyata dan dapat memiliki konsekuensi bencana," kata peneliti Clemens Rumpf, seperti dikutip dari Mirror, Selasa (30/6).

INGGRIS menjadi salah satu negara yang terancam hancur karena Tsunami Asteroid. Tsunami ini disebut berisiko menewaskan ribuan orang yang tinggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News