Polisi Berhasil Kendalikan Kerusuhan di LP Mebourne

Polisi Berhasil Kendalikan Kerusuhan di LP Mebourne
Polisi Berhasil Kendalikan Kerusuhan di LP Mebourne

Otoritas pengelola penjara Corrections Victoria kembali mengendalikan LP Metropolitan Remand Centre di Melbourne, setelah polisi berhasil mengatasi kerusuhan yang dilakukan 300 napi. Kerusuhan dipicu aturan larangan merokok yang mulai berlaku Rabu 1 Juli 2015.

Kerusuhan yang berlangsung selama 15 jam itu dimulai Selasa siang dan berakhir Rabu dinihari saat polisi menyerbu masuk LP sekitar pukul 3.

Dalam pernyataannya Corrections Victoria mengakui operasi pengendalian ini cukup sulit dan dilakukan pada malam hari demi melindungi para sipir penjara, polisi, dan para napi sendiri.

Sejauh ini sejumlah napi dilaporkan mengalami cedera dan telah mendapat perawatan. 

Seperti diberitakan sebelumnya kerusuhan ini dipicu oleh aturan baru larangan merokok di dalam penjara yang mulai berlaku 1 Juli 2015.

Selama kerusuhan itu sebuah dinding runtuh, terjadi pembakaran, kaca-kaca jendela dipecahkan. Sebagian napi tampak menutupi wajah mereka saat melakukan kerusuhan.

Dilaporkan, dua sipir penjara mengalami cedera ringan namun "bukan disebabkan oleh kontak langsung dengan napi". Sekitar 200 sipir bekerja di LP yang dihuni 802 napi tersebut.

Sementara itu semua LP lainnya di Victoria ditutup selama berlangsungnya kerusuhan. Pengelola penjara di negara bagian lainnya dikabarkan juga telah mengantisipasi segala kemungkinan.

Otoritas pengelola penjara Corrections Victoria kembali mengendalikan LP Metropolitan Remand Centre di Melbourne, setelah polisi berhasil mengatasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News