Jokowi Minta Alutsista Tua Harus Dimusnahkan

Jokowi Minta Alutsista Tua Harus Dimusnahkan
Presiden Jokowi saat di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7). Foto: Natalia Fatima/JPNN

jpnn.com - DEPOK - Tragedi jatuhnya pesawat tua, Hercules C-130 membuka mata pemerintah untuk memikirkan modernisasi alutsista yang selama ini digunakan jajaran TNI.

Presiden Joko Widodo menyatakan, saat ini pemerintah harus fokus memperhatikan pengadaan alutsista yang memadai.

"Tidak boleh lagi hanya membeli senjata tetapi juga bergeser ke modernisasi alutsista," ujarnya di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7).

Jokowi juga meminta perubahan dalam pengadaan alutsista TNI. Semua jenis alutsista yang sudah tua, tegasnya, harus dimusnahkan. Selain itu, Indonesia juga dimintanya harus berperan aktif dalam industri alutsista.

"Kita harus terlibat mulai dari rancang bangun, produksi, operasional, latihan pemeliharaan hingga pemusnahan alutsista yang sudah tua.Harus diarahkan kepada kemandirian industri pertahanan agar kita bisa sepenuhnya mengendalikan kesiapan alutsista," tegas Jokowi.

Pria asal Solo itu juga meminta TNI memperhatikan sistem alutsista yang ada saat ini agar memperkecil kemungkinan adanya kecelakaan saat beroperasi

"Harus zero accident untuk pesawat tempur, angkut, kapal perang, kapal selam hingga helikopter serta prajurit TNI yang menggunakannya. Harus berada dalam kesiapan operasional yang tinggi," lanjutnya.

Terkait kecelakaan Hercules, Jokowi meminta TNI melakukan investigasi mendalam untuk mengetahui penyebabnya. (flo/jpnn)

DEPOK - Tragedi jatuhnya pesawat tua, Hercules C-130 membuka mata pemerintah untuk memikirkan modernisasi alutsista yang selama ini digunakan jajaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News