Ternyata, Satu dari Tiga Orang di Dunia Tidak Punya Toilet yang Layak

Ternyata, Satu dari Tiga Orang di Dunia Tidak Punya Toilet yang Layak
Foto: Jay Directo/AFP Seorang relawan membersihkan sampah plastik di sebuah selokan terbuka di Manila pada tanggal 4 Mei 2015.

jpnn.com - SEKITAR 2,4 miliar orang di dunia tidak memiliki toilet yang layak. Jumlah itu setara dengan satu per tiga orang di dunia.

Laporan yang diterbitkan WHO dan UNICEF memperigatkan kemajuan dalam bidang sanitasi sedikit melenceng dari target yang dicanangkan dalam Millenium Development Goals (MDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Meski demikian, sejumlah perbaikan signifikan telah dilakukan di sejumlah area termasuk menyediakan akses air minum sehat.

Dilansir laman time.com, saat ini hanya 68 persen manusia di dunia yang memiliki akses pada fasilitas sanitasi yang layak, sementara MDGs menargetkan 77 persen. Kebanyakan mereka yang tak memiliki toilet layak dan buang air besar di ruang terbuka hidup di Asia Selatan dan sub-Sahara Afrika.

"Sampai semua orang memiliki akses pada fasilitas sanitasi yang layak, kualitas penyaluran air akan melemah dan banyak orang yang akan terus mati karena kekurangan air atau penyakit yang disebabkan oleh air," kata Direktur Kesehatan Masyarakat WHO, Maria Neira dalam laporan tersebut. (ray/jpnn)


SEKITAR 2,4 miliar orang di dunia tidak memiliki toilet yang layak. Jumlah itu setara dengan satu per tiga orang di dunia. Laporan yang diterbitkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News