HUT Bhayangkara, Ini Pesan Jokowi untuk Polri

HUT Bhayangkara, Ini Pesan Jokowi untuk Polri
Presiden Jokowi di acara peringatan HUT Bhayangkara ke 69 di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7). Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com - DEPOK -- Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan HUT Bhayangkara ke 69 di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7). Banyak pesan yang disampaikannya untuk jajaran Polri, di samping ucapan terimakasih dan apresiasinya untuk satuan di bawah pimpinan Jenderal Badrodin Haiti tersebut.

Salah satunya, Jokowi meminta agar Polri memangkas alur birokrasi yang panjang dalam melayani masyarakat.

"Pelayanan yang masih panjang birokrasinya hendaknya diteliti. Manfaatkan sistem online dalam pelayanan untuk hindari pungutan tambahan dan hapus pencaloan," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Selain meminta memangkas birokrasi yang berbelit, pria asal Solo itu juga meminta Polri mengembangkan kemampuan personelnya dalam mempelajari hasil teknologi canggih. Pasalnya, kata Jokowi, kejahatan saat ini terjadi dengan modus beragam dan banyak memanfaatkan kemampuan teknologi.

"Polri dituntut meningkatkan kemampuannya sejalan dengan perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi yang digunakan dalam kejahatan," imbuhnya.

Dalam menjalankan tugas menjaga kamtibmas dalam negeri, Jokowi mengingatkan Polri untuk mengedepankan pencegahan terjadinya situasi konflik. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Polri memberi rasa aman dan keadilan untuk masyarakat.

Menurut Jokowi, Polri masih mendapat banyak kritikan walaupun sudah melakukan perubahan dan reformasi birokrasi. Ia berharap kritikan dari publik itu dijadikan sebagai masukan oleh internal Polri.

Hadir di acara itu, Jokowi tidak memakai seragam Brimob, seperti ketika ia memakai seragam militer saat berkunjung ke tempat jajaran TNI. Jokowi memakai jas hitam lengkap dengan kopiah warna senada.

DEPOK -- Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan HUT Bhayangkara ke 69 di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7). Banyak pesan yang disampaikannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News