Jimly: Tak Seseram yang Dibayangkan

Jimly: Tak Seseram yang Dibayangkan
Jimly Asshiddiqie. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengaku optimistis pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan berjalan lancar dan aman.

Pasalnya, dari kunjungan ke sejumlah daerah yang dilakukan dalam beberapa waktu terakhir, suasana kondusifitas terasa begitu kuat.

“Saya sudah keliling Indonesia dalam acara sosialisasi (kode etik,red). Saya punya kesan pilkada ini lancar, Insya Allah, tidak seperti dikhawatirkan. Pilkada ini tidak lebih berat dari [emilu kemarin (Pemilu 2014, red),” ujar Jimly pada pertemuan tripartit, DKPP Bawaslu dan KPU, Rabu (1/7) sore.

Menurut Jimly, memang secara teori pilkada langsung lebih rentan munculnya potensi konflik. Karena hiubungan emosional antara calon dengan pendukung lebih dekat. Tapi ia menegaskan, pandangan tersebut hanyalah sebuah teori, bukan praktik di lapangan.

“Jadi dalam praktiknya, itu tidak seseram yang dibayangkan. Namun begitu keamanan juga tidak boleh dianggap enteng. Harus tetap ditingkatkan,” ujar mantan ketua MK ini.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polri. Dia yakin, pihak kepolisian sudah memiliki pemetaan terhadap potensi masalah. Dia pun berpendapat,  potensi konflik mungkin saja terjadi baik ada pilkada maupun tidak ada pilkada.

“Yang menjadi tanggung jawab kami adalah bagaimana agar penyelenggara pemilu tidak menjadi sumber konflik,” ujar Husni.(gir/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengaku optimistis pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News