Pemerintah Janjikan Peremajaan Alutsista, Tapi Kapan?

Pemerintah Janjikan Peremajaan Alutsista, Tapi Kapan?
Pemerintah Janjikan Peremajaan Alutsista, Tapi Kapan?

jpnn.com - JAKARTA - Jatuhnya pesawat Hercules TNI AU yang sudah berusia lebih dari 50 tahun membuat pemerintah merasa perlu mempercepat pembaharuan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, pemerintah pasti akan menggantinya alutsista yang sudah uzur.

Namun, JK -sapaan Jusuf Kalla- belum bisa menjamin waktu yang tepat untuk pergantian alutsista yang sudah uzur.  "Pastilah, pastilah, pada waktunya. Tidak mungkin selama satu abad. Jadi pastilah diganti pada waktunya sesuai kebutuhan dan anggaran yang ada," ujarnya di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).

Pria asal Makassar itu menegaskan, pergantian alutsista membutuhkan waktu yang cukup panjang. Terutama dalam menghitung kebutuhan anggaran, negosiasi untuk mencari alutsista bagus dan pemeliharaannya.

"Walaupun Anda punya mobil atau pesawat umurnya lima tahun tapi tidak dipelihara, tetap mogok juga kan?  Walaupun umurnya tua, tapi perawatannya baik, itu akan jalan," imbuh ketua umum PMI itu.

Yang terpenting, sambung JK, mesin alutsista tidak boleh lebih dari belasan tahun. Bagian luar alutsista bisa diganti baru. Namun, katanya, usia mesin tetap harus diperhatikan.(flo/jpnn)


JAKARTA - Jatuhnya pesawat Hercules TNI AU yang sudah berusia lebih dari 50 tahun membuat pemerintah merasa perlu mempercepat pembaharuan alat utama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News