30 Persen Tembok Raksasa Tiongkok Hilang Dicuri Warga Lokal

30 Persen Tembok Raksasa Tiongkok Hilang Dicuri Warga Lokal
Kantor Pelestarian Budaya Negara Tiongkok menyatakan sepanjang 1.961 kilometer atau 30 persen Tembok Raksasa Tiongkok telah hilang total. Foto: Budianto Hutahaean / JPNN

jpnn.com - TIONGKOK - Sudah bukan rahasia lagi kalau semakin lama Tembok Raksasa Tiongkok makin lama semakin kecil jika dibandingkan saat pertama kali dibangun pada abad ke-14. Sejumlah kerusakan dialami salah satu keajaiban dunia itu.

Situs time.com melaporkan, pemerintah Tiongkok mengungkapkan angka kerusakan Tembok Raksasa yang mengejutkan. Data dari Kantor Pelestarian Budaya Negara Tiongkok menyatakan sepanjang 1.961 kilometer atau 30 persen Tembok Raksasa Tiongkok telah hilang total.

30 Persen Tembok Raksasa Tiongkok Hilang Dicuri Warga Lokal

Foto: Frederic J. Brown/AFP

Tak cukup sampai di situ, 1.185 km tembok besar berada dalam kondisi rusak parah. Aktivitas manusia jadi faktor penyebab kerusakan utama. Diantaranya, warga lokal mencuri batu Tembok Raksasa untuk membangun rumah.

Aturan untuk melindungi Tembok Raksasa sebenarnya sudah diloloskan pada 2006. Mereka yang kedapatan mencuri batu bata akan didenda sebesar 805 dolar Amerika Serikat. Meski begitu, petugas lokal dan provinsi kesulitan untuk menerapkan aturan itu.

"Tak ada organisasi khusus untuk menegakkan aturan itu," kata Jia Hailin. Direktur perlindungan cagar budaya.

Menurut Hailin, kerusakan hanya bisa dilaporkan pada otoritas yang lebih tinggi, dan sulit untuk menegakkan (aturan) jika pelanggaran terjadi di perbatasan provinsi.(ray/jpnn)

TIONGKOK - Sudah bukan rahasia lagi kalau semakin lama Tembok Raksasa Tiongkok makin lama semakin kecil jika dibandingkan saat pertama kali dibangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News