Perkirakan 5,6 Juta Mobil Pribadi dan 2 Juta Sepeda Motor Digunakan untuk Mudik

Perkirakan 5,6 Juta Mobil Pribadi dan 2 Juta Sepeda Motor Digunakan untuk Mudik
Perkirakan 5,6 Juta Mobil Pribadi dan 2 Juta Sepeda Motor Digunakan untuk Mudik

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan memerkirakan jumlah pemudik tahun ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Seiring kenaikan jumlah pemudik, angka kendaraan yang digunakan untuk mudik pun dipastikan akan meningkat.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan, jumlah pemudik dengan angkutan umum pada tahun ini diperkirakan mencapai 20 juta orang. Angka itu naik 1,96 persen dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan mobil pribadi yang bakal digunakan untuk mudik nanti diperkirakan ada 1,6 juta unit. ”Untuk jumlah kendaraan mobil pribadi diperkirakan meningkat menjadi 1,6 juta unit atau naik 5,8 persen," ujar Jonan saat memimpin apel siaga jelang Lebaran di lapangan kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (2/7).

Dari perkiraan Kemenhub, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor juga diperkirakan meningkat. Angkanya diprediksi mencapai 2 juta sepeda motor atau meningkat 7,77 persen dibanding tahun sebelumnya.

Jonan berharap seluruh moda transportasi sudah bersiap diri untuk mengantarkan puluhan ribu para pemudik tahun ini dengan aman dan nyaman. Dengan begitu angka kecelakaan selama mudik lebaran bisa diminimalisir.

"Pokoknya utamakan keselamatan, nggak ada toleransi untuk itu," tandas mantan direktur utama PT KAI itu.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Perhubungan memerkirakan jumlah pemudik tahun ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Seiring kenaikan jumlah pemudik,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News