Panglima TNI Harus Segera Memodernisasi Alutsista

Panglima TNI Harus Segera Memodernisasi Alutsista
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA –  Jenderal TNI Gatot Nurmantyo harus segera memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista), begitu nantinya dilantik sebagai Panglima TNI, menggantikan Jenderal TNI Moeldoko.

Pasalnya, selain persenjataan yang ada saat ini sudah sangat tidak memungkinkan, Presiden Joko Widodo juga telah meminta perombakan mendasar terkait manajemen alutsista, pascakecelakaan pesawat Hercules C-130 di Medan, Selasa (30/6).

“Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) dukung penuh modernisasi TNI. Pembenahan dan penguatan TNI termasuk modernisasi alutsista sudah jadi agenda Presiden yang harus dilakukan Panglima TNI yang baru,” ujar Ketua Bidang Organisasi ABJ, Fendry Ponomban, Kamis (2/7).

Fendry yakin Gatot dapat melaksanakan amanat yang disampaikan Presiden, sebab memiliki kemampuan dan pengalaman yang selama ini sudah teruji. Karena itu secara khusus Fendry juga mengapresiasi sikap Komisi I DPR yang menyetujui usulan Presiden untuk mengangkat Gatot sebagai Panglima TNI yang baru.

“Kami apresiasi atas langkah DPR yang langsung setuju dengan pilihan Presiden kepada Pak Gatot sebagai Panglima TNI. Pengalaman dan profesionalisme Pak Gatot sudah teruji,” katanya

Pandangan senada juga dikemukakan Sekretaris Jenderal DPP ABJ, Ronny Talapessy. Menurutnya, pengangkatan Gatot menjadi bagian dari penguatan institusi TNI dalam menopang program Nawa Cita Presiden Jokowi.

“TNI harus solid, modern tetapi harus tetap berwajah humanis dan mengayomi rakyat sebagai pemegang kedaulatan,” kata Ronny.

Sebagaimana diketahui, Komisi I DPR memutuskan menyetujui Gatot menjadi Panglima TNI. Keputusan diambil secara aklamasi, tanpa ada satu pun fraksi yang menolak.

JAKARTA –  Jenderal TNI Gatot Nurmantyo harus segera memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista), begitu nantinya dilantik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News