Erupsi Sinabung Diperkirakan Hingga 2020

Erupsi Sinabung Diperkirakan Hingga 2020
Dampak eruspi Gunung Sinabung. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono mengingatkan pemerintah agar melakukan relokasi warga sekitar Gunung Sinabung, yang tinggal dalam radis 5 kilometer. Ini disampaikannya menyusul kondisi Gunung Sinabung yang masih terus aktif erupsi.

“Saya hanya usulkan relokasi itu, radius 4 kilometer, dan radius 5 kilometer arah tenggara, selatan, dan timur harus dikosongkan karena itu berbahaya,” ujar pria yang akrab disapa Mbah Rono, usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di kantor kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/7).

Semua warga di sekitar Sinabung, tegasnya, harus direlokasi tanpa kecuali. Pasalnya, erupsi Sinabung berpotensi akan terus terjadi sampai 5 tahun ke depan. Warga, menurut Mbah Rono, akan terus terganggu jika relokasi tidak segera dilakukan.

“Untuk letusan yang sekarang akan membesar seperti Merapi itu, kemungkinannya hanya 10 persen. Sekitar 90 persen akan tetap seperti ini,” imbuh Mbah Rono.

Mbah Rono meminta pemerintah daerah dan pusat harus bertindak cepat untuk relokasi itu jika ingin menyelamatkan warga.

 “Harus pindah semua. Forever. Kalau enggak mau repot,” tandas Mbah Rono. (flo/jpnn)
    

 


JAKARTA -- Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono mengingatkan pemerintah agar melakukan relokasi warga sekitar Gunung Sinabung, yang tinggal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News