Alhamdulillah di Bulan Suci Ramadan Ini, Pangeran Alwaleed Donasikan Rp 426 Triliun Hartanya

Alhamdulillah di Bulan Suci Ramadan Ini, Pangeran Alwaleed Donasikan Rp 426 Triliun Hartanya
MURAH HATI: Pangeran Alwaleed bersama dengan First Lady Mali Toure Lobbo Traore dan anak-anak Benua Hitam. (Leadersonline)

jpnn.com - RIYADH - Memiliki harta luar biasa banyaknya, tak membuat Pangeran Alwaleed bin Talal, 60, lupa terhadap sesama. Kedermawanan keponakan Raja Salman dari Arab Saudi itu sudah terbukti selama lebih dari separo hidupnya. Dia sudah menyumbang ke lebih dari 60 negara.

Di bulan suci Ramadan ini, sang pangeran mengumumkan niatnya menyumbangkan kekayaan pribadi USD 32 miliar atau setara dengan Rp 426,7 triliun. "Saya akan memberikannya secara berkala dan dalam beberapa tahun ke depan, sejumlah uang donasi akan diserahkan ke Alwaleed Foundation," ujar pangeran yang masuk dalam urutan ke-34 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes tersebut.    

Dana itu bakal dipakai untuk membantu di bidang kesehatan, pemberantasan penyakit, bantuan bencana, dan hak-hak perempuan. Alumnus Menlo College and Syracuse University, Amerika Serikat (AS), tersebut memang cukup perhatian terhadap hak perempuan. Bahkan, sebagian besar stafnya merupakan kaum hawa. 

Alwaleed memang memiliki lembaga amal sendiri bernama Alwaleed Bin Talal Foundations yang tersebar di beberapa negara di dunia. Lembaga itu memberi pendampingan sosial serta bantuan untuk berbagai hal. 

Sebelumnya, di lembaga tersebut Alwaleed telah mendonasikan kekayaannya USD 3,5 miliar (Rp 46,6 triliun). Selama 35 tahun belakangan ini, Alwaleed menghibahkan USD 100 juta (Rp 1,3 triliun) per tahun untuk kemanusiaan. 

Dalam konferensi pers pada Rabu (1/4), Alwaleed tidak menjelaskan secara detail mengenai waktu penyaluran uang donasinya tersebut. Begitu juga besaran nominal per tahunnya. Pangeran yang memiliki nama lengkap Alwaleed bin Talal bin Abdulaziz al Saud itu hanya menjelaskan bahwa asetnya di luar dan dalam Arab Saudi akan ikut diserahkan. 

Beberapa kekayaan Alwaleed adalah kepemilikan sebuah istana di Riyadh yang memiliki 371 kamar dengan luas 44.700 meter persegi, pesawat Boeing 747-400 dan Airbus A380, serta kapal pesiar sepanjang 85 meter. 

Pria yang menjuluki dirinya sebagai Warren Buffett dari Arab Saudi tersebut menyatakan, tindakannya terinspirasi dari Bill dan Melinda Gates. Suami istri itu mendirikan Gates Foundation pada 1997 dan membantu banyak orang. Bill Gates pun memuji tindakan Alwaled tersebut dan menyatakan bahwa itu bakal menginspirasi banyak orang. 

RIYADH - Memiliki harta luar biasa banyaknya, tak membuat Pangeran Alwaleed bin Talal, 60, lupa terhadap sesama. Kedermawanan keponakan Raja Salman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News