Wakil Rakyat yang Ganteng ini Juga Seorang Pembalap

Wakil Rakyat yang Ganteng ini Juga Seorang Pembalap
Hamzah Purwandoyo bersama mobil balap yang sering dipakai berlaga. Foto: Mifta/Jawa Pos

HAMZAH Purwandoyo memiliki dua kursi sekaligus yang bisa diduduki. Kursi dewan dan kursi mobil balap.
-----------
Laporan Miftakhul Fahamsyah, Sidoarjo
-----------
TAK sering memang. Tapi, sesekali Hamzah Purwandoyo terlihat datang ke gedung DPRD Sidoarjo dengan mengendarai mobil yang layaknya mobil balap. Jenisnya Honda Jazz. Warnanya putih. Mobil itu penuh stiker seperti stiker-stiker yang menempel di mobil balap. Ada pula stiker bertulisan namanya, Ipung Hamzah, di kaca pintu depan sisi kanan.

Bagian interiornya tidak ubahnya mobil balap. Tempat duduk sopir dan jok di sampingnya misalnya. Bukan lagi jok standar yang terpasang. Tapi, lebih cekung sisi bawah dan bagian belakangnya.

Di dalamnya juga terlihat helm dengan tempelan beberapa stiker. ”Ini memang mobil untuk balapan. Khususnya slalom,” ungkap pria yang akrab disapa Ipung itu.

Jauh sebelum menjadi anggota DPRD Sidoarjo, Ipung memang lebih dahulu memiliki ”kursi”. Ya, kursi mobil balap. Kiprah pria yang kini berusia 40 tahun itu di lintasan balap bukan sekadar iseng. Selain untuk menyalurkan hobi, dia berprestasi.

”Dalam hidup, saya memiliki moto harus berprestasi. Itulah yang ingin selalu saya wujudkan. Baik di lintasan balap maupun di tempat lain,” kata anggota Komisi B DPRD Sidoarjo itu.

Di lintasan balap, prestasi Hamzah lumayan apik. Pada 2010, bapak dua anak tersebut mampu memenangi tiga seri dari sepuluh seri yang dilombakan dalam kejuaraan nasional slalom untuk kelas pemula. Tiga kemenangan itu menempatkannya pada peringkat ketiga klasemen akhir nasional. Status tersebut membuatnya promosi ke seeded B.

Pada tahun pertamanya tampil di seeded B pada 2011, capaiannya juga tidak bisa dikatakan jelek. Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sidoarjo itu nangkring pada posisi keempat klasemen akhir setelah memenangi tiga di antara delapan seri yang dimainkan.

Setahun berikutnya, Hamzah bertahan pada posisi yang sama dengan satu kemenangan dari enam seri perlombaan.

HAMZAH Purwandoyo memiliki dua kursi sekaligus yang bisa diduduki. Kursi dewan dan kursi mobil balap. ----------- Laporan Miftakhul Fahamsyah, Sidoarjo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News