Awas! Jangan Terlalu Lama Kenakan Skinny Jeans, 'Itunya' Bisa Kepanasan

Awas! Jangan Terlalu Lama Kenakan Skinny Jeans, 'Itunya' Bisa Kepanasan
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - CELANA denim, yang mencengkeram kaki terlalu erat, bisa menekan jaringan kulit dan pembuluh darah. Nah, bahaya itu menjadi berlipat pada celana denim superketat seperti skinny jeans.

Baru-baru ini, dunia digemparkan oleh berita seorang perempuan asal Australia yang betisnya membengkak parah. Perempuan 35 tahun itu pun tidak bisa berjalan. Ternyata hal tersebut terjadi lantaran dia mengenakan skinny jeans seharian penuh.

Hal itu diperparah dengan posisinya yang sering berjongkok saat membantu keluarganya pindah rumah. Seberapa berbahayakah celana ketat yang populer itu?

”Prinsipnya begini. Di kaki ada pembuluh darah utama, pembuluh darah balik, dan saraf,” jelas dr Lilik Widodo SpBS.

Dokter Lilik menambahkan, kerja pembuluh darah balik atau vena tersebut seakan dipompa. Yang memompa adalah otot. Strukturnya pun berbeda dengan pembuluh darah utama. Karena itu, penggunaan skinny jeans secara terus-menerus bisa mengganggu kerja vena.

Bagian mana saja yang terganggu? ”Bergantung. Yang kenceng (ketat, Red) sebelah mana? Kalau yang kenceng mulai pantat, kemudian paha, sampai betis, ya bisa jadi masalah semuanya,” ucap dokter berusia 51 tahun tersebut.

Dia mengibaratkan pemakaian skinny jeans dengan penggunaan jam tangan atau karet gelang. Jika terlalu lama menekan beberapa area, kerja aliran darah bisa terhambat. Karena letaknya di kaki, kerja aliran darah baliknya yang paling terganggu. Selain aliran darah yang terganggu, pemakaian celana ketat bisa mengganggu kerja saraf.

Penggunaan skinny jeans yang terlalu lama bisa mengakibatkan nyeri pada beberapa bagian yang bisa berkembang menjadi mati rasa. Mati rasa itu jangan sampai dianggap enteng. Jika yang mati rasa adalah organ vital dan dialami laki-laki, ada hal sangat serius yang sedang terjadi. ”Itu pertanda torsio testis. Buah zakarnya terpelintir,” ucap alumnus FK Unair tersebut.

CELANA denim, yang mencengkeram kaki terlalu erat, bisa menekan jaringan kulit dan pembuluh darah. Nah, bahaya itu menjadi berlipat pada celana denim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News