Haiti Optimis Capim KPK dari Unsur Polri, Ini Keunggulannya

Haiti Optimis Capim KPK dari Unsur Polri, Ini Keunggulannya
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti optimistis calon dari unsur Polri akan lolos dalam seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Ya kalau tidak optimistis, tidak usah mendaftar," tegas Haiti di Mabes Polri, Jumat (3/7).

Ia yakin, calon dari Polri punya keunggulan dibanding lainnya. Haiti lantas menyebut capim KPK berlatar belakang Polri sudah tentu berpengalam dalam penegakan hukum. Kemudian, mempunyai kompetensi di bidang penyidikan. "Ketiga, lebih mudah dalam bekerjasama (antarlembaga)," kata mantan Kepala Baharkam Polri ini.

Karenanya, ia optimistis calon-calon Polri akan lolos seleksi. 

Seperti diketahui, juru bicara pansel capim KPK, Betti S Alisjahbana mengatakan, hingga Senin (29/6/) lalu, pansel telah menerima 496 orang pendaftar. Sebanyak 42 orang pendaftar merupakan perempuan dan 454 orang laki-laki. Dari total jumlah itu, masih banyak yang dokumennya tidak lengkap meski pendaftaran akan ditutup pada 3 Juli mendatang.

Dilihat dari latar belakang profesi, pegawai negeri sipil tetap yang terbanyak, yakni 78 orang. Profesi lain, dosen tercatat sebanyak 72 orang, advokat sebanyak 71 orang, pegawai swasta sebanyak 59 orang, pensiunan sebanyak 42 orang, dan wiraswasta sebanyak 29 orang.

Pansel KPK juga telah menerima pendaftaran dari anggota instansi penegak hukum, yakni dari Polri ada sebanyak 19 orang. Dari jumlah itu enam di antaranya adalah purnawirawan. (boy/jpnn)


JAKARTA - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti optimistis calon dari unsur Polri akan lolos dalam seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News