Inilah Alasan Warga Natuna Lebih Memilih Naik Hercules

Inilah Alasan Warga Natuna Lebih Memilih Naik Hercules
Inilah Alasan Warga Natuna Lebih Memilih Naik Hercules

jpnn.com - MEDAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna mengakui Pesawat Hercules menjadi moda transportasi masyarakat untuk penghubung antar daerah. Pasalnya, Pesawat Hercules terbilang murah, ketimbang harga tiket maskapai komersil yang ada.

Hal itu, diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemkab Natuna, Helmy Wahyuda. Dia juga mengatakan atas peristiwa Pesawat Hercules C-130 miliki TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A1310, yang jatuh di jalan Jamin Ginting, Selasa (30/6). Banyak warga kabupaten Natuna menjadi korban.

"Untuk transportasi di Natuna emang susah. Satu sangat mahal dan kedua harga tiketnya sangat mahal. Kemudian, transportasi langkah," sebut Helmy kepada wartawan di Hanggar Lanud Soewondo, Jum'at (3/7).

Dia menyebutkan Natuna merupakan daerah kepulauan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang hanya bisa dijangkau menggunakan pesawat dan kapal laut dari daerah lain, sekitar Kabupaten Natuna.

Jadi, lanjut Helmy untuk transportasi udara, penerbangan di Bandara Ranai Kabupaten Natuna hanya dilalui dua jenis pesawat yakni Wings dan Boeng milik maskapai komersil dengan harga sangat mahal untuk sekali  penerbangan dari berbagai daerah.

"Untuk Boeng berkisaran seminggu dua kali dengan harga tiket dari Rp 1.300.000 hingga Rp 1.700.000. Sedangkan Wings hampir sama harganya juga," jelasnya.

Harga tiket tersebut, Helmy menunturkan melalui dari Bandara Hang Nadim, Batam, Kepri dengan jarak tempuh 50 menit hingga 1 jam, 20 menit. "Dengan menumpang pesawat Hercules cukup terbantu lah. Apa lagi hari besar seperti di Bulan Ramadan sangat terbantu kali mengingat harga tiket cukup mahal ke Natuna," tuturnya.

Helmy menyebutkan untuk penumpang pesawat Hercules yang akan turun di Bandara Ranai, Kabupaten Natuna sebanyak 69 orang. "Dengan perincian data yang benar sipil 23 orang. Dari 23 orang mahasiswa 12 orang sisanya, ada orang tua keluarga mahasiswa. Sedangkan, 46 orang lagi merupakan anggota TNI dan keluarganya," urainya.

MEDAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna mengakui Pesawat Hercules menjadi moda transportasi masyarakat untuk penghubung antar daerah. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News