Pak RT, Pak RW Tolong yaa...Pengamanan saat Lebaran

Pak RT, Pak RW Tolong yaa...Pengamanan saat Lebaran
Henry Yosodiningrat. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Henry Yosodiningrat mengatakan, pengamanan terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya pada saat mudik Lebaran perlu diperhatikan. Pengawasan bisa dilakukan oleh masyarakat setempat.

"Kegaduhan malah bisa terjadi ketika rumah kosong. Nah itu hanya antisipasi dari warga masing-masing yang akan meninggalkan rumah dan lingkungan," kata Henry dalam diskusi‎ "Keamanan Jelang Lebaran" di Menteng, Jakarta, Sabtu (4/7).

Henry menjelaskan, lingkungan dalam hal ini barangkali ada pertemuan-pertemuan khusus di tingkat RT/RW. Hal ini untuk mengantisipasi kasus pencurian pada saat warga mudik. "Bagaimana sistem keamanan di lingkungan," ucapnya.

Selain itu, Henry menambahkan, pihak kepolisian bisa ‎bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk mengatasi kasus kriminal di rumah warga yang ditinggalkan ketika mudik Lebaran. Namun paling utamanya, sambung dia, adalah peran dari RT/RW. Karena, kepolisian tidak bisa menjaga setiap rumah.

"‎Ketika rumah kosong, siapa yang bisa bantu jaga keamanan? Enggak mungkin aparat kepolisian akan menjaga setiap rumah orang. Ini peran dari RT/RW untuk menciptakan sistem pengamanan‎. Itu yang diperlukan," tandas Henry. (gil/jpnn) 


JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Henry Yosodiningrat mengatakan, pengamanan terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News