Robot Bunuh Manusia di Pabrik Volkswagen

Robot Bunuh Manusia di Pabrik Volkswagen
Foto: DPA/Alamy

jpnn.com - FRANKFURT - Sebuah robot telah membunuh seorang pria di sebuah pabrik mobil Volkswagen di Jerman. Pekerja berusia 22 tahun tersebut meninggal dunia akibat luka serius setelah robot 'menariknya' dan membenturkannya ke sebuah lempengan logam.

Juru bicara perusahaan Volkswagen, Heiko Hillwig mengatakan pria yang tidak disebutkan namanya itu adalah bagian dari sebuah tim yang sedang menyiapkan mesin otomatis di pabrik di Kassel, utara dari Frankfurt.

"Robot yang dimaksud adalah lengan mekanik yang memindahkan bagian mobil ke tempatnya," kata Hillwig.

Ini adalah bagian dari jalur perakitan otomatis yang mampu berfungsi tanpa operator manusia. Namun diyakini kecelakaan itu terjadi telah berada di bawah kendali manusia pada saat kecelakaan.

Hillwig mengatakan dia tidak bisa memberikan rincian lebih lanjut karena kasus ini sekarang sedang diselidiki polisi. Laporan awal menunjukkan bahwa kecelakaan itu terjadi lebih pada faktor manusia ketimbang menyalahkan robot itu.

Robot Bunuh Manusia di Pabrik Volkswagen

"Robot bisa diprogram untuk mengerjakan berbagai tugas dalam proses perakitan. Biasanya beroperasi di dalam ruang terbatas di pabrik, menarik suku cadang mobil dan mengolahnya." ujarnya.

Seorang anggota tim kontraktor juga sedang berada di lokasi ketika kecelakaan terjadi, tapi ia tak terluka.

FRANKFURT - Sebuah robot telah membunuh seorang pria di sebuah pabrik mobil Volkswagen di Jerman. Pekerja berusia 22 tahun tersebut meninggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News