Gunung Raung Erupsi, Dua Penerbangan Batal

Gunung Raung Erupsi, Dua Penerbangan Batal
Pijaran lava yang dikelurkan dari kawah Gunung Raung. (Jawa Pos Radar Banyuwangi)

jpnn.com - JAKARTA - Dua maskapai Australia yang membatalkan penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, akibat erupsi Gunung Raung. Dua maskapai itu Jetstar Airlines dan Virgin Australia Airlines.

 

Direktur Safety dan Standard AirNav Indonesia Wisnu Darjono menuturkan, maskapai Jetstar membatalkan dua penerbangan Perth–Denpasar Sabtu (4/7). Langkah itu juga dilakukan sehari sebelumnya dengan membatalkan enam penerbangan.

Virgin Australia Airlines menempuh langkah yang sama. Sabtu (4/7) Virgin Airlines membatalkan sepuluh penerbangan Perth–Denpasar dengan dalih keamanan.  ”Rencananya, Virgin Australia juga membatalkan empat penerbangan untuk Minggu (5/7),” ujar Wisnu.

Sementara itu, di dalam negeri penerbangan tetap berjalan normal. Dia mengatakan, maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, Cathay Pacific, Malaysia, dan penerbangan lain masih beroperasi seperti biasa.

Meski demikian, pihaknya mengeluarkan larangan penerbangan melewati radius 30 km dari puncak Gunung Raung. Imbauan tersebut diberikan sebagai langkah kehati-hatian dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Akibatnya, sejumlah penerbangan diperkirakan mengalami keterlambatan sekitar dua menit.

”Kami terus memonitor. Jika ada hal yang dirasa berbahaya, akan langsung diinformaskian,” katanya.

Airnav telah mengeluarkan imbauan kepada operator penerbangan terkait hal itu melalui Volcanic Ash Notification to Airmen (Ashtam) Nomor 2015/11 tertanggal 3 Juli dan 4 Juli 2015. Dalam Ashtam tersebut, Airnav menginformasikan bahwa abu vulkanis Raung mencapai 15 ribu kaki dpl. Dikabarkan pula, abu vulkanis bergerak ke arah tenggara dengan kecepatan 10 knot.

JAKARTA - Dua maskapai Australia yang membatalkan penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, akibat erupsi Gunung Raung. Dua maskapai itu Jetstar Airlines

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News