Dua Calon Pejabat Obama Mundur, Akibat Terlibat Skandal Pajak

Dua Calon Pejabat Obama Mundur, Akibat Terlibat Skandal Pajak
Dua Calon Pejabat Obama Mundur, Akibat Terlibat Skandal Pajak
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali tersandung batu ujian. Ketika rencana pemulihan ekonomi senilai USD 800 miliar plus stimulus ekonomi masih terkatung-katung di meja kongres, kini Obama harus dihadapkan pada masalah etika politik.

Dua kandidat pejabat dalam struktur pemerintahannya, yakni Tom Daschle selaku calon menteri kesehatan dan layanan publik serta pejabat pengawas reformasi anggaran dan belanja negara Nancy Killefer, harus mundur dari pencalonan akibat skandal pajak. Obama mengaku teledor dan segera berusaha mencari pengganti yang pas. "Saya teledor. Saya akan bertanggung jawab dan kita memperbaikinya hingga hal seperti itu tak terjadi lagi," kata Obama seperti dilansir CNN.

Daschle yang mantan petinggi Partai Demokrat di Senat AS itu sejatinya disebut banyak pihak sebagai kandidat paling pas untuk jabatan menteri kesehatan dan pelayanan publik. Sebagai penulis buku tentang reformasi kesehatan, dia dianggap tahu betul soal kebijakan terbaik untuk mewujudkan janji kampanye Obama memperbaiki layanan kesehatan.

Berbekal pengalaman dan pengaruh di senat, Daschle piawai memuluskan rancangan undang-undang tak populis agar disetujui kongres. Namun, akibat tak patuh pada pembayaran pajak, pengangkatan Daschle malah menuai kritik.

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali tersandung batu ujian. Ketika rencana pemulihan ekonomi senilai USD 800 miliar plus stimulus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News