Union Jack Terbalik, Gordon Brown Malu

Union Jack Terbalik, Gordon Brown Malu
Union Jack Terbalik, Gordon Brown Malu
LONDON - Kalau Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao menuai malu karena dilempari sepatu, kepala sang tuan rumah, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, tertunduk gara-gara bendera. Insiden itu berlangsung pada hari pertama Wen di Inggris, yakni 1 Februari lalu.

Ketika itu Brown sedang meneken perjanjian perdagangan dengan Wen. Ruang tempat penandatanganan pun dipenuhi aksesori bendera kedua negara, termasuk meja yang ditempati Brown dan Wen. Nah, seperti dilansir Daily Telegraph kemarin (4/2), tanpa banyak yang memperhatikan, bendera Inggris Raya, Union Jack, terpasang terbalik. Sedangkan bendera Tiongkok terpasang dengan benar.

Tampaknya memang sepele. Tapi, berdasar tradisi militer, bendera yang terpasang terbalik berarti negara tersebut sedang kacau balau dan butuh bantuan pihak luar. Beruntung bagi Brown, media turut luput memperhatikan hal itu. Baru kemarin Daily Telegraph yang mengungkapkannya. Tapi, kejadian tersebut menjadi santapan empuk oposisi.

"Betul-betul insiden yang tidak perlu terjadi kalau saja mereka yang bertanggung jawab bekerja dengan benar," kata David Rosindell, legislator Partai Buruh.

LONDON - Kalau Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao menuai malu karena dilempari sepatu, kepala sang tuan rumah, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News