Bandara Jandakot di Perth Paling Sering Terjadi Pesawat Nyaris Tabrakan

Bandara Jandakot di Perth Paling Sering Terjadi Pesawat Nyaris Tabrakan
Bandara Jandakot di Perth Paling Sering Terjadi Pesawat Nyaris Tabrakan

Bandara Jandakot di Perth kini dalam penyelidikan Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) karena tingginya kejadian pesawat yang nyaris bertabrakan di bandara itu.

Bandara umum yang melayani penerbangan domestik ini tercatat sebagai bandara paling sibuk urutan kedua di Australia, hanya berada di bawah Bandara Internasional Sydney.

Meskipun hanya bandara lokal, namun Jandakot mencatat sedikitnya 250 ribu penerbangan di tahun 2014.

Namun menurut ATSB, Bandara Jandakot, memiliki rekor tertinggi dalam kejadian pesawat yang nyaris tabrakan sejak tahun 2013.

Akibatnya, ATSB kini melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang menyebabkan tingginya risiko tabrakan pesawat di bandara tersebut.

Petugas di menara pengawas, pilot pesawat yang nyaris tabrakan, serta pengguna tetap bandara diwawancarai oleh pihak ATSB sejak akhir bulan lalu.

"Tingkat kejadian pesawat yang nyaris tabrakan antara 2013 dan 2015 di bandara Jandakot mencapai tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan bandara Kelas D lainnya di berbagai kota Australia," kata ATSB dalam pernyataannya.

Bandara Jandakot dipergunakan sebagai pangkalan penerbangan dokter terbang Royal Flying Doctor Service serta berbagai penerbangan berbagai lembaga pemerintah lainnya.

Bandara Jandakot di Perth kini dalam penyelidikan Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) karena tingginya kejadian pesawat yang nyaris bertabrakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News